Salin Artikel

Ratusan Warga Demo di RS Mandalika, Minta Ganti Lahan Sepak Bola

LOMBOK TENGAH, KOMPAS.com - Ratusan warga Desa Sengkol, Lombok Tengah, melakukan aksi demonstrasi di depan Rumah Sakit Mandalika, Lombok Tengah, Senin (30/8/2021)

Kedatangan ratusan masa ini menuntut Pemerintah Daerah Lombok Tengah atas lahan lapangan sepak bola yang kini telah dibangunkan RS Mandalika.

“Kedatangan masyarakat ini sebagai bentuk protes meminta lahan pengganti lapangan sepak bola, yang telah terbangun RS di sini,” kata Sekertaris Desa Sengkol, Nursam, saat ditemui di lokasi.

Nursam menuturkan, awal mulanya tanah tempat dibangunnya RS Mandalika ini merupakan tanah milik warga yang dihibahkan ke desa.

Namun, pada tahun 2017 silam, tanah tersebut dihibahkan dan disertifikatkan Pemda Lombok Tengah agar dapat penganggaran dari APBD.

Seiring berjalan waktu, pada tahun 2019, tanah ini diminta pemda untuk dibangunkan rumah sakit, dengan catatan akan menggantikan lokasi lapangan ke tempat lain.

“Awalnya ini kan tanah hibah nenek moyang kami, terus kami serahkan ke Pemda, dan pada 2019 tanah ini oleh Pemda akan dijadikan RS, dengan syarat akan ada lahan pengganti,” kata Nursam.

Hingga dua tahun lamanya, pihak pemerintah Lombok Tengah belum juga bisa menyiapkan lahan pengganti untuk masyarakat yang akan melakukan aktivitas olahraga, sehingga masyarakat memprotes akan hal ini.


Menanggapi respons masyarakat Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Lombok Tengah Jalaludin menyampaikan, bahwa belum terealisasi pengadaan lapangan tersebut karena terbentur anggaran daerah.

“Kendalanya kami daerah ini keterbatasan anggaran, untuk melakukan pembebasan lahan, terlebih dengan adanya pandemi covid ini,” kata Jalaludin.

Dirinya menegaskan akan memperjuangkan aspirasi masyarakat, dan akan segera melakukan langkah penentuan lokasi dan menentukan harga sesuai appraisal.

“Untuk anggaran yang dibutuhkan, kami belum berani sebut, karena kami belum tahu nilai appraisalnya, untuk tanah sudah ada sekita 1,5 hektare tidak jauh dari sini,” kata Jalaludin.

Jalaludin meminta ke pada masyarakat agar tetap menjaga kondusifitas terlebih Kecamatan Pujut tempat diselenggaranya perhelatan MotoGP.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/30/141444778/ratusan-warga-demo-di-rs-mandalika-minta-ganti-lahan-sepak-bola

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke