Salin Artikel

TKA China Potong dan Kuliti Buaya Lalu Disantap, PT OSS Minta Maaf

KENDARI, KOMPAS.com- Manajemen PT Obsidian Stainless Steel (OSS) yang beroperasi di kawasan industri Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara meminta maaf atas tindakan tenaga kerja asing (TKA) asal China yang telah menguliti dan memakan seekor buaya pada Rabu (26/8/2021).

Juru Bicara Manajemen PT OSS Tommy mengungkapkan, tindakan para TKA yang membunuh serta menyantap daging buaya itu dilakukan secara spontan, karena mereka tidak tahu tentang aturan perlindungan hewan.

“Jadi buaya tersebut akan dikonsumsi oleh mereka, dan untuk aturan buaya dilarang dibunuh mereka tidak tahu. Kami pihak Manajemen PT OSS meminta maaf atas tindakan tersebut, dan memastikan tindakan serupa tidak akan terjadi lagi,” jelasnya.

Terkait foto TKA sedang menguliti buaya beredar di media sosial, kata Tommy, foto tersebut diambil oleh karyawan lokal PT OSS, lalu disebarkan di media sosial karena dianggap unik.

“Pekerja juga yang foto spontan karena mungkin tidak pernah melihat hal tersebut, jadi difoto dan disebar di medsos,” terangnya.

Lebih lanjut Tommy menjelaskan, buaya itu dibeli para TKA yang bekerja di pabrik pemurnian nikel dari masyarakat setempat.

Ia menambahkan, masyarakat menangkap buaya tersebut di sekitaran Sungai Pohara.

“Jadi TKA dapat buaya itu dari masyarakat yang menjual, di mana setelah masyarakat menangkap buaya itu kemudian menawarkan kepada TKA,” jelas Tommy.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah tenaga kerja asing asal China yang bekerja di PT Obsidian Stanless Steel (OSS), Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) sedang memotong buaya untuk disantap viral di media sosial. 

https://regional.kompas.com/read/2021/08/27/180747178/tka-china-potong-dan-kuliti-buaya-lalu-disantap-pt-oss-minta-maaf

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke