Salin Artikel

Ditangkap di Bali, YouTuber Muhammad Kece Langsung Dibawa ke Jakarta

BALI, KOMPAS.com -  YouTuber Muhammad Kece yang saat ini menjadi viral di media sosial atas tuduhan penistaan agama, ditangkap penyidik Bareskrim Polri di Bali.

Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Syamsi membenarkan penangkapan Muhammad Kece di Bali.

Proses penangkapan dilakukan oleh Dittipidsiber Mabes Polri bekerja sama dengan Subdit Siber Polda Bali.

"Memang betul tadi malam pukul 19.45 Wita dilakukan penangkapan terhadap Muhammad Kece di Desa dalung Kuta Utara. (Penangkapan) dipimpin oleh Dittipidsiber Mabes Polri bekerja sama dengan Subdit Siber Polda Bali," kata Syamsi, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (25/8/2021).

Syamsi tak merinci kronologi penangkapan terhadap Youtuber Muhammad Kece.

Menurutnya, yang berwenang memberikan penjelasan itu adalah Mabes Polri.

Ia hanya menyampaikan, Muhammad Kece langsung dibawa ke Jakarta untuk dilakukan pemeriksaan.

"Kasus ini kan ditangani oleh Dittipidsiber Mabes Polri, jadi mereka yang berhak untuk memberikan penjelasan itu. Yang saya sampaikan ini sebatas penangkapannya saja. Kalau Kronologi mereka yang menyampaikan," kata dia.

Syamsi juga mengaku belum mengetahui berapa lama Muhammad Kece berada di Bali.

Diberitakan sebelumnya, YouTuber dengan nama akun "Muhammad Kece" diduga telah menistakan agama Islam setelah video ceramahnya viral di media sosial.


Seorang warga melaporkan video tersebut atas dugaan penistaan agama ke Bareskrim Polri. Laporan polisi telah diterbitkan sejak 21 Agustus 2021.

Polisi kemudian menaikkan status perkara dugaan penistaan agama oleh Muhammad Kece ke tingkat penyidikan setelah menemukan bukti awal yang cukup.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan mengatakan, penyidik telah memeriksa saksi pelapor dan tiga saksi ahli, yaitu ahli bahasa, ahli agama, dan ahli teknologi informasi.

Polri pun kemudian memburu keberadaan Muhammad Kece, lalu memblokir video-video Muhammad Kece yang banyak diunggah ulang di YouTube.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/25/141810478/ditangkap-di-bali-youtuber-muhammad-kece-langsung-dibawa-ke-jakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke