Salin Artikel

Sempat Ditantang Siapkan Anggaran untuk Normalisasi Sungai, Walkot Bobby: Sudah Ada Rp 45 Miliar

MEDAN, KOMPAS.com - Mengatasi masalah banjir menjadi salah satu prioritas Bobby Nasution setelah duduk sebagai Wali Kota Medan.

Hal itu pula menjadi janji kampanyenya pada Pilkada Medan 2020 lalu. Tahun ini, Pemkot Medan pelan-pelan mulai membenahi infrastruktur, terutama drainase.

Pemkot Medan juga mulai bersiap untuk menormalisasi sungai-sungai yang membelah Kota Medan.

Wali Kota Medan Bobby Nasution mengungkapkan, sebelumnya ada pihak yang menantangnya untuk menyiapkan anggaran untuk normalisasi sungai di Medan.

"Kalau kemarin ditantang apakah ada anggaran, sudah kita anggarkan. Kami siapkan segera anggarannya," kata Bobby di Kantor Camat Medan Helvetia, Selasa (24/8/2021).

Sayangnya, Bobby tak menyebut pihak mana yang menantangnya itu.

Meski begitu, kata Bobby, saat ini Pemkot Medan sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 45 miliar untuk membenahi aliran sungai.

Rinciannya, sebesar Rp 25 miliar untuk normalisasi, kemudian sebesar Rp 20 miliar untuk sungai sulang-saling (parit).

Namun, Bobby mengakui, penanganan masalah banjir di Medan tak bisa dilakukan secara sporadis.

Sehingga perlu dilakukan upaya yang humanis dan berkesinambungan yang melibatkan banyak pihak, termasuk masyarakat yang tinggal di bantaran sungai.

Secara teknis, upaya normalisasi sungai di Medan, Pemkot harus berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) dan Pemprov Sumut.

Bobby mengatakan, beberapa hari lalu dia sudah meninjau kondisi Sungai Babura yang kerap meluap saat hujan deras tiba. Dia ingin segera sungai itu dinormalisasi.

Namun, Bobby tak bisa memaksakan BWS untuk segera menormalisasi sungai itu karena mereka menggunakan anggaran pemerintah pusat.

"Memang karena baru kita mintanya tahun ini juga, dan penganggarannya juga kita tidak bisa paksakan karena dari pusat juga, tahun ini sudah mulai ditenderkan kata BWS namun dikerjakannya awal tahun depan," tambah Bobby.

Selain Sungai Babura, anggaran yang disiapkan Pemkot Medan itu juga untuk menormalisasi Sungai Deli dan Sungai Bedera.

Tiga sungai ini memang kerap meluap saat hujan deras baik di hulu maupun hilir.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/25/101903378/sempat-ditantang-siapkan-anggaran-untuk-normalisasi-sungai-walkot-bobby

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke