Salin Artikel

Begini Cara Mengikuti Tes Antigen Gratis di Alun-alun Purwokerto

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Masyarakat yang akan mengikuti tes antigen gratis di Alun-alun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, harus mendaftar terlebih dahulu secara online.

Bupati Banyumas Achmad Husein menjelaskan, pendaftaran dilakukan melalui website vaberaya.banyumaskab.go.id di hari yang sama sebelum pelaksanaan tes antigen.

"Koutanya 50 orang per hari. Daftar dan tes di hari yang sama. Setelah mendaftar akan mendapatkan notifikasi jam pelaksanaannya," kata Husein di Alun-alun Purwokerto, Jumat (20/8/2021).

Husein mengatakan, masyarakat yang mengikuti tes antigen akan mendapatkan surat keterangan. Surat tersebut dapat digunakan untuk syarat perjalanan atau lainnya.

Lebih lanjut Husein mengatakan, untuk tahap awal pelaksanaan tes antigen hanya dilakukan di Alun-alun Purwokerto.

"Kalau antusiasme masyarakat tinggi, nanti akan kami tambah misalnya di Kecamatan Ajibarang, Wangon, Sokaraja dan Banyumas. Tapi kita lihat nanti tergantung budget kita," ujar Husein.

Sementara itu, salah seorang warga Purwokerto yang mengikuti tes antigen, Aditya Putra mengaku, sangat terbantu dengan program tersebut.

"Programnya bagus, tes ini memang penting agar tahu data yang sebenarnya berapa yang positif Covid-19, sehingga pemerintah mengambil keputusannya tepat," kata Aditya.

Ia mengaku, sengaja mengikuti tes untuk mengetahui dirinya terpapar Covid-19 atau tidak.

"Untuk chek up saja, untuk mengetahui kita sedang sehat atau tidak. Saya tahu program ini dari media sosial, saya daftar dapat antrean nomor 1," ujar Aditya.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas memfasilitasi tes antigen gratis bagi masyarakat umum di Alun-alun Purwokerto.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/20/122000978/begini-cara-mengikuti-tes-antigen-gratis-di-alun-alun-purwokerto

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke