Salin Artikel

Presiden Jokowi: Pak Bupati, kalau Vaksin Datang, Habiskan, lalu Minta Lagi...

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat menjawab permintaan sejumlah kepala daerah yang mengikuti pertemuan tatap muka virtual. Kegiatan tatap muka virtual itu digelar saat Jokowi meninjau pelaksanaan vaksinsi Covid-19 di Kabupaten Madiun.

“Untuk Pak Bupati kalau vaksin datang habiskan dan minta lagi. Karena vaksin kita mulai minggu-minggu ini akan datang banyak sekali,” ujar Jokowi saat menjawab permintaan sejumlah kepala daerah yang mengikuti tatap muka virtual ketika meninjau pelaksanaan vaksinasi anak sekolah di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Kamis (19/8/2021).

Jokowi menggelar tatap muka secara daring dengan sejumlah perwakilan daerah yakni Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Kalimantan, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, DIY, Riau, dan Banten.

Salah satu kepala daerah yang mengajukan permintaan tambahan vaksin adalah Bupati Gowa, Sulawesi Selatan, Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo.

Kepada Presiden Jokowi, Adnan meminta tambahan stok vaksin di Gowa. Dengan demikian makin banyak masyarakatnya divaksin.

“Alhamdulillah melihat semangat Bapak Presiden mau divaksin akhirnya semua masyarakat kami mau divaksin. Untuk itu kami mohon stok vaksin agar selalu dikirim di Kabupaten Gowa sehingga semakin banyak masyarakat kami yang divaksin,” kata Adnan.

Adnan menyebut total warganya yang sudah divaksin Covid-19 mencapai 160.000 orang atau 21 persen dari target sasaran keseluruhan.

Total warga Kabupaten Gowa yang harus divaksin sebanyak 765.000 orang.


Terhadap permintaan itu, mantan Wali Kota Solo itu kembali menegaskan agar kepala daerah segera meminta vaksin Covid-19 ke pemerintah pusat jika stok sudah habis.

Harapannya percepatan vaksinasi bagi seluruh warga segera membentuk kekebalan komunal di masing-masing daerah.

“Jadi silakan. Kalau vaksin datang segera habiskan. Setelah itu minta lagi agar segera terjadi kekebalan komunal (herd imunity) sehingga kita bisa terproteksi dan terlindungi dari Covid-19. Harapan kita itu. Dan kita berdoa terus memohon kepada Allah SWT agar covid segera hilang dari bumi pertiwi Indonesia,” ujar Jokowi.

Untuk pembelajaran tatap muka, Jokowi menegaskan daerah dapat menggelar PTM ketika seluruh pelajar sudah divaksin. Apalagi SKB tiga menteri untuk menggelar pembelajaran tatap muka sudah ada.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/19/181944978/presiden-jokowi-pak-bupati-kalau-vaksin-datang-habiskan-lalu-minta-lagi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke