Salin Artikel

2 Pendaki Tewas Usai Ikuti Upacara Kemerdekaan di Gunung Bawakaraeng, Ini Faktanya

KOMPAS.com - Sebanyak dua pendaki yang hendak mengibarkan bendera Merah Putih di Gunung Bawakaraeng, Gowa, Sulawesi Selatan, ditemukan tewas, Rabu (18/8/2021).

Kedua pendaki tersebut adalah Steven (20) dan Zainal (21), warga Gowa. Sementara 4 pendaki lainnya selamat dan dalam proses evakuasi oleh Tim SAR.

Sementara, satu pendaki bernama bernama Rian (21), warga BTN Saumata Indah, yang masih dalam pencarian Tim SAR.

"Setelah kami terima laporan adanya pendaki gunung (dua orang) yang meninggal dunia, rescuer yang bertugas untuk standby pengamanan Siaga Merah Putih sudah bergerak menuju ke lokasi kejadian," ujar Kepala Basarnas Sulawesi Selatan, Junaedi, melalui pesan singkat, Rabu (18/8/2021).

Diduga hipotermia

Sementara itu, menurut Kapolsek Tinggimoncong Iptu Hasan Fadhly, dua pendaki tersebut semuanya laki-laki.

Penyebab kematian, menurut Hasan, diduga karena hipotermia. Hasan menjelaskan, pihaknya mendapat laporan terkait kedua korban pada pukul 09.00 Wita.

Setelah itu petugas bersama Tim SAR segera menuju lokasi untuk melakukan penyelamatan.

"Jenis kelamin laki-laki namun tidak ada identitasnnya. Penyebab meninggalnya untuk sementara korban MD (meninggal dunia) dalam keadaan beku karena hipotermia," jelasnya.

Dilansir dari Antara, sejumlah pendaki diduga nekat menggelar acara pengibaran bendera Merah Putih di puncak Gunung Bawakaraeng, dalam rangka memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat Kepolisian Resor Gowa AKP Mangatas Tambunan menegaskan, sebetulnya lokasi Gunung Bawakaraeng sudah ditutup untuk pendaki sejak Sabtu (14/8/2021) hingga Selasa (17/8/2021).

Penutupan itu dilakukan karena ada penerapan PPKM level 4 di Gowa. Selain itu, ada laporan puncak Gunung Bawakaraeng mengalami cuaca ekstrem sehingga suhunya turun sampai 14 derajat celsius.

"Sejak awal kami melakukan razia dan memulangkan paksa ribuan pendaki yang hendak merayakan HUT Kemerdekaan RI di puncak gunung Bawakaraeng namun mereka ini lolos dari pantauan petugas gabungan," sebut Mangatas.

(Penulis: Kontributor Bone, Abdul Haq | Editor: Teuku Muhammad Valdy Arief)

Artikel ini telah tayang di Tribun-Timur.com dengan judul: Bertambah, Pendaki Gunung Bawakaraeng yang Meninggal Dunia Jadi 2 Orang

https://regional.kompas.com/read/2021/08/18/175723578/2-pendaki-tewas-usai-ikuti-upacara-kemerdekaan-di-gunung-bawakaraeng-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke