Salin Artikel

Foto Pendaki di Puncak Gunung Merapi Viral, Ini Kata Pengelola TNGM

Foto tersebut diunggah akun Instagram @merapi_uncover pada Senin (16/8/2021).

Ada dua foto dengan caption berbeda yang diunggah dalam akun Instagram tersebut.

"Kemarin 15 agustus 2021. Blas renek uwong. Nk puncak suarane gemurung," tulis pengunggah dalam caption foto pertama.

Hingga kini, foto tersebut telah disukai lebih dari 4.500 kali pengguna Instagram dan mendapatkan 143 komentar.

Untuk menelusuri kebenaran dari foto viral tersebut, Kompas.com mengkonfirmasi Balai Taman Nasional Gunung Merapi.

Namun, pihaknya belum bisa memastikan foto yang diunggah di medsos tersebut apakah asli atau bukan.

"Yang kami amati sesuai dengan pengamatan dari kondisi puncak, kemudian ada rumput-rumput serta bebatuan kami menilai perbandingan seperti itu diambil bukan pada saat sekarang," kata Akhmadi.

"Kami ada dokumentasi tapi kami tidak bisa share. Dokumentasi dari BPPTKG kondisi puncak sekarang itu paling tidak satu bulan terakhir tidak seperti itu. Itu yang bisa kami konfirmasikan," tambah dia.

Akhmadi menambahkan setiap momentum 17 Agustus, Sura dan Tahun Baru atau musim yang dimungkinkan ada kegiatan pendaki sudah dilakukan antisipasi dengan patroli.

Patroli dilakukan dengan melibatkan Muspika di jalur pendakian baik Selo di Kabupaten Boyolali, Sapuangin di Kabupaten Klaten, maupun Cangkringan di Kabupaten Sleman yang sudah lama ditutup.

"Itu sudah kita antisipasi patroli intensif sejak tanggal 9, 10, 11 Agustus 2021. Kemudian patroli rutin dilanjutkan mulai kemarin sampai dengan pasca 17 Agustus," kata Akhmadi.


Selain itu, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan polisi kehutanan yang ada di setiap jalur pendakian Gunung Merapi untuk melaporkan apabila ada pendaki yang melakukan pendakian Gunung Merapi melalui jalur tikus.

"Sampai saat ini nihil laporannya. Dan dari patroli belum menemukan indikasi ada pendaki termasuk yang dikatakan tanggal 15 Agustus 2021 kemarin. Baik tanggal 14 Agustus atau H-1 tidak ada data atau temuan untuk pengunjung yang mencoba naik maupun yang tertangkap waktu turunnya," tutur dia.

Di sisi lain, Akhmadi menambahkan telah memberikan informasi melalui media sosial terkait penutupan jalur pendakian Gunung Merapi.

"Ini kami baru konfirmasi dengan BPPTKG melalui pengamatan kamera CCTV. Kamera itu 24 jam apalagi kondisi cerah seperti itu pastinya akan tertangkap itu (pendaki). Tapi sekarang belum ada laporan itu," kata dia.

"Dengan hal tersebut kami menyimpulkan gambar itu diambil bukan pada saat sekarang," sambung dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/16/202652178/foto-pendaki-di-puncak-gunung-merapi-viral-ini-kata-pengelola-tngm

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke