Salin Artikel

Kota Magelang Gagas Wisata Vaksin di Taman Kyai Langgeng

Vaksinasi bertajuk 'Vaksin Wisata' ini menyasar 1.000 orang berusia minimal 18 tahun dari Kelurahan Tidar Utara, Tidar Selatan, Rejowinangun Selatan, Margersari, Kemirirejo, Cacaban, Jurangombo Utara dan Jurangombo Selatan.

Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz menjelaskan, vaksinasi di lokasi wisata ini merupakan terobosan agar penerima vaksin merasa lebih nyaman.

“Vaksin selama ini di rumah sakit, di Puskesmas, nah kita ajak ke Taman Kyai Langgeng. Vaksin pun bisa di sebuah wahana rekreasi,” kata Aziz, disela-sela meninjau kegiatan vaksinasi di Taman Kyai Langgeng.

Untuk memecah kerumunan, vaksinasi di lokasi tersebut dibagi dalam satu titik dengan jadwal yang berbeda setiap kelurahan.

Selain di Taman Kyai Langgeng, vaksinasi massal juga diadakan di Gedung Wanita Jalan Veteran dan Gedung Kyai Spanjang Jalan Kartini.

Total sasaran vaksinasi sebanyak 2.000 orang warga dengan KTP Kota Magelang.

Aziz menyebutkan, secara umum capaian vaksinasi Covid-19 Kota Magelang sebanyak 65 persen.

Namun, 30 persen di antaranya adalah warga luar daerah. Aziz menargetkan minimal 50 persen warganya akan tersuntik vaksin. 

"Target kita lebih dari 50 persen warga Kota Magelang sudah divaksin, makanya kami minta bantuan ke Pemerintah Provinsi (Jawa Tengah) dengan PMI, Kodim 0705, dan Polres Magelang Kota sampai akhir bulan ini," tandasnya.

Aziz menambahkan, pelacakan (tracing) dan pengetesan (testing) terhadap pasien sudah 100 persen.

Meski begitu, dia mengaku positivity rate Covid-19 masih 30 persen, melebihi standar aman dari WHO sebesar 5 persen.

"Kami pengennya di bawah 5 persen, tapi tidak gampang. Targetnya di bawah 10 persen itu sudah bagus," ucap Aziz.

Sementara itu, Direktur Perusahaan Daerah Objek Wisata Taman Kyai Langgeng, Arif Taat Ujiyanto mengatakan, Taman Kyai Langgeng dipilih menjadi lokasi vaksinasi Covid-19 agar lebih menyenangkan karena bisa sembari menikmati suasana alam. 

“Dengan di tempat wisata mungkin peserta vaksinasi bisa sambil menikmati pemandangan, melihat alam, air mancur, pepohonan, hewan-hewan. Semoga bisa lebih rileks dan lebih menyenangkan di dalam mengikuti proses vaksinasi,” katanya.

Kata Taat, vaksin dosis kedua juga akan dilaksanakan di lokasi yang sama.

Ia pun mengakui senang karena obyek wisata unggulan Kota Magelang ini bisa berkontribusi dalam menekan penyebaran Covid-19. 

"Untuk vaksin dosis kedua di sini lagi karena memang tadi sarana prasananya di sini sangat mendukung. Ditambah kondisi PPKM kan kita sepi, bahkan tutup dan tidak beroperasi," terangnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/15/214233778/kota-magelang-gagas-wisata-vaksin-di-taman-kyai-langgeng

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke