Salin Artikel

Lapangan Merdeka Pematangsiantar Ditutup, Lalu Lintas Diterapkan Sistem Buka Tutup

Selain area publik, arus lalu lintas kendaraan ke pusat kota juga ditutup memberlakukan sistem buka tutup.

Kepala Bidang Ketenteraman dan Ketertiban Umum (Kabid Trantibum) Satpol-PP, Raja Damanik mengatakan, untuk saat ini warga dilarang memasuki area publik yang dikenal dengan sebutan Taman Bunga di Jalan Merdeka tersebut. 

Larangan memasuki area publik ini, kata Raja, mulai diberlakukan hari ini, Sabtu (14/8/2021) hingga 23 Agustus 2021 mendatang. 

"Bahwasanya area publik ini ditutup sementara. Artinya warga gak bisa masuk," kata Raja ditemui di lokasi, Sabtu siang. 

Selain warga, pedagang di seputaran Lapangan Merdeka dilarang berjualan selama penerapan PPKM Level 4 di Kota Pematangsiantar.

Jika ditemukan pelanggaran maka pihaknya langsung menindak.

"Pedagang sudah kita imbau dan kita sosialisasi kan untuk mengikuti protokol kesehatan. Jadi kita juga akan memberlakukan penindakan bagi pelanggar prokes sampai tanggal 23 Agustus 2021," jelasnya.

Ditempat yang sama, Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Pematangsiantar Kartini Asmaralda Batubara mengatakan, jalan masuk ke inti kota yakni Lapangan Merdeka untuk saat ini dilakukan penyekatan.

Pemberlakuan sistem buka tutup ini untuk meminimalisasi kerumunan di pusat kota.


Selain posko di Lapangan Merdeka, pihaknya juga mendirikan pos di beberapa titik  jalan alternatif menuju inti kota. 

"Tujuannya untuk mengurangi arus lalu lintas di pusat kota, sekaligus kita mau lihat penerapan protokol kesehatan di lalu lintas khusus angkutan umum," jelas Kartini.

Penyekatan di pusat kota, mengizinkan angkutan umum beroperasi namun tetap menerapkan aturan protokol kesehatan.

Selain itu, mobil pengangkut bahan pokok dan ambulans diperbolehkan masuk. 

Kepala Bidang Hubungan Darat Dishub Pematangsiantar Abidin Damanik menambahkan, penyekatan dilakukan di sejumlah jalan menuju pusat kota. 

Di antaranya, jalan Merdeka, Jalan Sutomo, Jalan Vihara, Jalan Cipto, Jalan Wahidin, Jalan Cokro, Jalan Kartini dan Jalan WR Supratman serta jalan alternatif menuju pusat kota.

"Untuk saat ini kita imbau dulu masyarakat agar menghindari dulu jalan ke pusat kota, Jalan Merdeka dan Jalan Sutomo. Kita juga minta sopir angkutan umum membawa penumpang hanya 70 persen," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/14/152209078/lapangan-merdeka-pematangsiantar-ditutup-lalu-lintas-diterapkan-sistem-buka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke