Salin Artikel

Pasien Sembuh di Ambon Meningkat, 1 RS Darurat Covid-19 Ditutup

Penutupan rumah sakit darurat itu dilakukan lantaran semua pasien yang dirawat di rumah sakit itu telah sembuh dan hingga kini tidak ada lagi penambahan pasien baru.

“Grand Hause HI Garuda yang selama ini kita jadikan sebagai rumah sakit darurat telah ditutup pengeoperasiannya karena memang tidak ada lagi pasien di sana,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, dr. Wendy Pelupessy kepada Kompas.com saat dikonfirmasi, Kamis (12/8/2021).

Mulanya ada 5 RS darurat

Saat kasus Covid-19 meningkat di Ambon, pemerintah Kota Ambon langsung membuka lima rumah sakit darurat untuk menampung pasien corona.

Menurut Wendy, satu dari lima rumah sakit darurat di Ambon telah ditutup karena tidak ada lagi pasien tambahan.

“Angka kesembuhan pasien di Ambon terus meningkat sehingga tidak ada lagi pasien baru, makanya kita tutup rumah sakit itu, saat ini tersisa empat rumah sakit darurat yang masih beroperasi,” katanya.

Empat rumah sakit darurat yang masih beroperasi menampung pasien Covid-19 di Kota Ambon yakni Asrama Haji Waiheru Ambon, LPMP Maluku dan dua hotel masing-masing Hotel Everbright dan Hotel Wijaya I.


Jumlah pasien rawat menurun

Wendi menambahkan, meski masih ada empat rumah sakit darurat yang beroperasi, namun jumlah pasien rawat inap juga sudah menurun, yakni di bawah 60 persen.

“Untuk jumlah pasien yang menjalani perawatan di rumah sakit dan pusat karantina juga sudah menurun di bawah 60 persen,” katanya.

Ia mengaku meningkatnya pasien sembuh di Ambon dalam dua pekan terkahir karena adanya penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang berhasil dilakukan.

Sejauh ini jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Ambon berjumlah 8.807 kasus.

Rinciannya pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 6.412 pasien, meninggal dunia 155 pasien dan yang masih menjalani perawatan dan isolasi mandiri sebanyak 2.140 orang. 

https://regional.kompas.com/read/2021/08/12/152137678/pasien-sembuh-di-ambon-meningkat-1-rs-darurat-covid-19-ditutup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke