Salin Artikel

Diperiksa Polisi, Anak Akidi Tio Tak Tahu Ayahnya Punya Uang Rp 2 Triliun di Tabungan

Pernyataan itu disampaikan P saat diperiksa oleh Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumatera Selatan di Jakarta, Senin (9/8/2021). 

"Dia merasa tidak pernah dengar dan tidak pernah tahu bahwa orangtuanya memiliki uang sejumlah itu. Dia tahunya begitu," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sumatera Selatan Kombes Supriadi saat dihubungi Kompas.com, Selasa (10/8/2021).

Polisi kemudian mencoba untuk meminta keterangan keempat anak Akidi Tio lainnya. Namun, batal dilakukan karena mereka semua terpapar Covid-19.

Apakah hoaks?

Terkait uang Rp 2 triliun yang belum juga diberikan keluarga Akidi, Supriadi masih enggan menyebut bahwa hal tersebut adalah hoaks.

Dia mengatakan bahwa kasus ini masih diselidiki. 

"Kita belum bisa memastikan itu (pemberian Rp 2 triliun) hoaks atau tidak karena masih didalami oleh Krimum," kata Supriadi.

Diberitakan sebelumnya, pada 26 Juli 2021, keluarga Akidi Tio menggelar pemberian sumbangan secara simbolis di Mapolda Sumsel yang dihadiri Kapolda dan Gubernur Sumsel.

Keluarga pengusaha asal Langsa, Aceh, ini berjanji mencairkan sumbangan pada 2 Agustus lewat bilyet giro. Namun, hal itu tak kunjung terealisasi. 

Polisi kemudian memanggil anak akidi bernama Heriyanti dan suami serta anaknya ke Mapolda Sumsel untuk diminta penjelasan.


Heriyanti mengaku ada kendala dalam pencairan dan dia meminta waktu hingga 3 Agustus.

Namun, sampai hari tersebut tiba, Heriyanti tak kunjung menepati janjinya.

Atas kisruh tersebut, Kapolda Sumatera Selatan Irjen Eko Indra Heri meminta maaf.

Dia mengakui tidak berhati-hati saat menerima sumbangan dari Akidi Tio.

"Kepada seluruh masyarakat Indonesia, Kapolri, para anggota Polri se-Indonesia, juga masyarakat Sumsel, terutama tokoh masyarakat Sumsel kepada Forkopimda, Gubernur, Pangdam, Danrem, dan yang lain juga dilibatkan langsung dalam acara kemarin. Sebagai pribadi dan Kapolda Sumsel, saya mohon maaf atas kegaduhan ini," kata Eko saat menggelar konferensi pers di ruang kerjanya, Kamis (5/8/2021). (Penulis Kontributor Palembang, Aji YK Putra | Editor Aprillia Ika)

https://regional.kompas.com/read/2021/08/11/094228578/diperiksa-polisi-anak-akidi-tio-tak-tahu-ayahnya-punya-uang-rp-2-triliun-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke