Salin Artikel

PPKM Level 4, Tidak Ada Tradisi Malam 1 Suro di Gunung Tidar Magelang

MAGELANG, KOMPAS.com - Tradisi malam 1 Suro atau 1 Muharram 1443 Hijriah yang jatuh pada Senin (9/8/2021) di Gunung Tidar Kota Magelang, Jawa Tengah, ditiadakan untuk masyarakat umum.

Hal itu karena kondisi pandemi Covid-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 yang masih berlaku di Kota Magelang.

Kepala UPT Kebun Raya Gunung Tidar Kota Magelang Agus Suprijanto menjelaskan, kegiatan atau tradisi malam 1 Suro tahun 2021 ini diadakan terbatas hanya dihadiri oleh keluarga juru kunci saja. 

"Kita tidak melaksanakan kegiatan malam 1 Suro tahun ini. Kegiatan hanya dilakukan oleh keluarga juru kunci, hanya 8 orang, itu pun sifatnya rutinitas saja," jelas Agus kepada wartawan, Senin (9/8/2021).

Agus menegaskan, kegiatan mereka juga wajib menjalankan protokol kesehatan (prokes) ketat agar tidak menjadi klaster penyebaran Covid-19.

Meskipun keluarga juru kunci, peserta juga wajib menyerahkan KTP untuk menghindari orang dari luar keluarga ikut masuk.

“Itu (biasanya) mulai jam 19.30 sampai 23.00. Jalur kita tutup, akses (masuk) hanya juru kunci,” tuturnya.

Kegiatan malam 1 Sura pada tahun 2020 lalu juga ditiadakan karena pandemi virus corona.

Namun, sebelum itu, kegiatan menyambut tahun baru dalam kalender Islam menjadi tradisi yang hampir tidak pernah ditinggalkan. Baik orang lokal, maupun luar daerah berdatangan ke gunung yang ada di tengah Kota Magelang itu.

Sekadar diketahui, di puncak Gunung Tidar, ada 3 makam tokoh atau ulama yang memiliki andil besar pada perkembangan Islam di Pulau Jawa.

Ketiganya adalah Kiai Semar, Kiai Spanjang dan Syekh Syubakir.

Gunung Tidar juga menjadi tempat wisata religi sebelum adanya pandemi Covid-19.

“Kalau sebelum pandemi ramai, dari segala penjuru semua ke sini (Gunung Tidar). Kita mengandeng dari unsur relawan segala macam mengantisipasi kalau ada di sana yang perlu bantuan. Mereka rata-rata inginnya ke tiga makam itu,” ungkapnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/09/201931378/ppkm-level-4-tidak-ada-tradisi-malam-1-suro-di-gunung-tidar-magelang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke