Salin Artikel

Pembeli Kartu Vaksin Palsu: Vaksinasi Kurang, Kami Hendak Berangkat Terpaksa Beli Rp 350.000

KOMPAS.com – Enam penumpang asal Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, membeli kartu vaksin palsu seharga Rp 350.000 per lembar.

Mereka diamankan di Mapolsek Kawasan Pelabuhan Nusantara (KPN) Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

"Kami menangkap enam penumpang dari Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, yang hendak naik kapal di Pelabuhan Nusantara, Kota Parepare. Saat diperiksa oleh petugas, ia menunjukkan surat keterangan vaksin yang diduga palsu,“ jelas Kapolres Parepare Sulawesi Selatan AKBP Welly Abdillah di Mapolsek KPN Kota Parepare, Senin (9/8/2021).

Sementara itu, Amas, seorang penumpang asal Kabupaten Wajo, mengaku membeli surat keterangan vaksin palsu karena ia dan temannya buru-buru hendak ke Kalimantan melalui Pelabuhan Nusantara, Kota Parepare.

“Kita mau vaksin di Wajo, vaksinasi kurang dilakukan. Akhirnya tiba kami hendak berangkat, kami memesan surat keterangan vaksin palsu dengan bayaran Rp 350.000 per orang," aku Amas.

Amas mengungkapkan, sejumlah oknum yang mengaku tenaga kesehatan di Kabupaten Wajo kerap menawarkan kartu vaksin palsu kepada calon penumpang kapal yang ada di sana.

“Kami telah mengorek keterangan keenam penumpang asal Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, yang kendak ke Balikpapan, Kalimantan Timur. Kasus ini masih kita dalami, termasuk kita akan mencari keberadaan oknum pemalsu suket vaksin di Kabupaten Wajo," ungkap Welly.

(Kontributor Pinrang, Suddin Syamsuddin)

https://regional.kompas.com/read/2021/08/09/125523278/pembeli-kartu-vaksin-palsu-vaksinasi-kurang-kami-hendak-berangkat-terpaksa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke