Salin Artikel

WN Rusia Tersesat di Gunung Sang Hyang Bali, Sempat Kirim Pesan Tak Tahu Jalan

Laporan permintaan bantuan tersebut diterima Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali), Senin (9/8/2021) pukul 00.55 Wita.

"Menurut laporan, target sempat menyampaikan pesan melalui WA bahwa ia telah sampai di puncak gunung kurang lebih pukul 17.00 Wita, namun tidak mengetahui jalan kembali," kata Kepala Basarnas Bali Gede Darmada dalam keterangan tertulis, Senin (9/8/2021).

Kronologi

Menurut Darmada, WN Rusia tersebut mendaki Gunung Sang Hyang bersama dua orang temannya pada Minggu (8/8/2021) kemarin pukul 08.00 Wita.

Setelah mendaki beberapa kilometer, dua orang temannya kelelahan dan memutuskan untuk kembali.

Pada pukul 14.00 Wita kedua orang temannya tersebut kembali ke penginapan di Kabupaten Gianyar, Bali, dan tiba dengan selamat.

Namun, WN Rusia tersebut tetap melanjutkan pendakian dan berhasil mencapai puncak. Sayangnya, ia tidak tahu arah jalan atau rute turun gunung.

Kemudian pada Senin (9/8) pukul 00.55 Wita, Basarnas menerima permohonan bantuan evakuasi WN Rusia tersebut dari teman-temannya.

"Sesaat setelah mendapatkan laporan, Basarnas Bali memberangkatkan enam orang rescuer menuju lokasi," kata dia.

Meski belum merinci identitas WN Rusia yang dimaksud, Darmada mengaku tim SAR gabungan masih dalam perjalanan menuju titik diduga target berada.

Unsur SAR lainnya yang terlibat diantaranya Polsek Penebel, relawan Gesing dan masyarakat setempat.

Kondisi Gunung Sang Hyang sendiri, lanjut Darmada, memiliki karakteristik vegetasi yang lebat, terutama di musim penghujan.

Atas dasar itu, ia menyarankan kepada siapapun yang akan melakukan pendakian untuk tak pergi seorang diri.

"Setidaknya menggunakan pemandu lokal dan membawa perlengkapan serta peralatan untuk pendakian," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/09/110018578/wn-rusia-tersesat-di-gunung-sang-hyang-bali-sempat-kirim-pesan-tak-tahu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke