Salin Artikel

Guguran Awan Panas Merapi di Minggu Pagi, 6 Daerah Diguyur Hujan Abu, Ini Kondisinya

KOMPAS.com - Gunung Merapi yang berada di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengag, mengeluarkan guguran awan panas pada Minggu (8/8/2021) pagi.

Akibatnya, sejumlah daerah di sekitar lereng Merapi terjadi hujan abu tipis.

Dari pantauan Kompas.com, hujan abu mengguyur 6 titik, yakni di Dusun Babadan, Ngowok, Paten dan Kapuhan.

Sedangkan di Kabupaten Boyolali, hujan abu terjadi di Tlogolele dan Klakah Ngisor.

Dilansir dari Antara, Kepala Desa Jrakah Kecamatan Selo Boyolali Tumar, hujan abu tipis yang terjadi di Desa Jrakah, Kecamatan Selo.

Hujan abu terjadi hingga Minggu, pukul 11.00 WIB. Namun, katanya, hujan abu itu tidak mempengaruhi warga untuk melakukan aktivitas.

Kepala Desa Klakah Marwoto, hujan tipis juga terjadi di Desa Klakah atau yang terletak di sebelah barat puncak Gunung Merapi. Namun, warga tetap beraktivitas seperti biasa, kondisi tetap aman dan terkendali.

"Warga tetap tenang, aktivitas ke ladang seperti biasa. Karena, terjadi hujan abu hanya tipis tidak mempengaruhi aktivitas warga," kata Marwoto.

Jarak luncur rentetan awan panas ialah kisaran 1,1 km hingga 3 km.

"Seluruhnya mengarah ke barat daya," kata Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, Hanik Humaida seperti dikutip dari Tribun Jogja.

Hanik melanjutkan, pada periode pengamatan yang sama, Gunung Merapi juga meluncurkan 27 kali guguran lava pijar.

Lalu jarak luncur material vulkanik teracatat antara 500 hingga 2.000 meter dengan arah luncuran cenderung ke barat daya.

Selain itu, terpantau pula asap kawah berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal yang menjulang setinggi 100 m di atas puncak kawah.

Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul BREAKING NEWS : Hujan Abu Tipis Gunung Merapi Terjadi di 6 Titik Lokasi

https://regional.kompas.com/read/2021/08/08/164810778/guguran-awan-panas-merapi-di-minggu-pagi-6-daerah-diguyur-hujan-abu-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke