Salin Artikel

Ada 4 Makanan Indonesia yang Diakui Dunia, Apa Saja?

Berikut empat makanan Indonesia yang diakui dunia, dikutip dari Indonesiabaik.id:

1. Rendang

Rendang adalah makanan terlezat di dunia yang berada di peringkat pertama.

Rendang biasanya terbuat dari daging dan dimasak dengan santan sampai kuahnya kering dan tak pernah absen dari acara adat yang digelar oleh masyarakat Minang.

Proses membuat rendang tradisional membutuhkan waktu yang sangat lama, lebih kurang 24 jam. Orang Minang dapat dengan mudah membedakan mana gulai, kalio, dan rendang yang dibedakan dari lama waktu memasak.

Istilah rendang atau dalam pelafalan orang Minang yakni randang berasal dari kata marandang yang berarti secara lambat.

Dalam bahasa Minangkabau, marandang berarti memasak sesuatu berbahan santan dengan proses yang lambat (api kecil) hingga mengering.

Di Indonesia, terdapat beberapa jenis nasi goreng, seperti nasi goreng jawa, nasi goreng ikan asin, nasi goreng kambing, nasi goreng petai, dan nasi goreng dengan variasi lainnya.

Ternyata, nasi goreng di Indonesia sudah ada sejak abad ke-10 dan dipengaruhi oleh budaya Tionghoa yang dibawa orang China saat bermigrasi ke Indonesia.

Nasi yang sudah dingin akan digoreng kembali dengan bumbu-bumbu sederhana sehingga jadilah nasi goreng dan makanan yang hangat kembali.

Di Indonesia, nasi goreng mengalami perkembangan dalam segi rasa, bumbu, dan isi disesuaikan dengan bumbu serta bahan di setiap daerah.

Lumpia merupakan makanan yang di dalamnya berisi berbagai varian seperti sayur-sayuran dan juga bisa ditambahkan daging, kerap mirip seperti risol.

Di Semarang, salah satu lumpia tertua adalah Loenpia Semarang Gang Lombok Nomor 11 yang dikelola oleh generasi keempat.

Untuk menjaga keasliannya, cara membuatnya masih tradisional dan hanya menyediakan dua jenis, yakni lumpia ayam dan udang.

Salah satu keunggulan lumpia ini selain ukurannya yang besar dengan tekstur isi yang padat, tak ada aroma amis dari rebung atau bambu muda yang digunakan isiannya.

Menurut peneliti pusat studi pangan dan gizi Universitas Gadjah Mada, Murdijati Gardjito, tempe asli diciptakan oleh nenek moyang bangsa Indonesia tanpa pengaruh dari negara lain.

Dalam naskah Jawa Kuno, tepatnya di Serat Centhini yang dibuat pada abad ke-19, tempe diceritakan dalam lebih kurang di lima jilid dari total 12 jilid Serat Centhini.

Dalam Serat Centhini tercantum naskah yang menceritakan sambal tempe, tempe goreng, dan tempe bacem.

Ada juga cerita tempe mentah yang dikisahkan disantap bersama kecambah dan sambal yang dibuat dari parutan kelapa.

Dalam Serat Centhini juga tercantum bahwa selain sebagai makanan sehari-hari, tempe juga berguna sebagai makanan yang disuguhkan untuk hajatan.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/07/113000578/ada-4-makanan-indonesia-yang-diakui-dunia-apa-saja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke