Salin Artikel

Polda Jateng Gelar Vaksinasi Merdeka Candi, Setiap Hari Ada 150.000 Dosis Vaksin Covid-19

Vaksinasi Merdeka Candi juga digelar serentak di seluruh Polres di Jawa Tengah.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan dari laporan Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi target Vaksinasi Merdeka Candi, sampai dengan 17 Agustus 2021, sekitar 608.000 dosis per pekan.

"Artinya dalam satu hari akan dilaksanakan vaksinasi sejumlah 150.000 dosis satu hari. Ini akan kami lihat pelaksanaannya," kata Sigit kepada wartawan, Kamis (5/8/2021).

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menambahkan untuk mencapai herd immunity, Presiden Joko Widodo menargetkan 1 juta vaksin per hari.

Upaya percepatan vaksinasi dan akselerasi sudah dilakukan untuk menekan angka kasus Covid-19 di Indonesia.

"Positivity rate yang ditargetkan adalah 5 persen, oleh sebab itu supaya untuk mendapatkan positivity rate itu kita juga sudah melaksanakan 3T (testing, tracing, dan treatment) yang saat ini sudah dilaksanakan dan diharapkan rasio 1 : 15 bisa tercapai," jelasnya.

Menurutnya, target angka indeks reproduksi (RT) bisa ditekan di bawah 1 dalam 14 hari sehingga itu artinya herd immunity sudah terbentuk.

Ia mencontohkan Cilacap angka RT pernah mencapai 3.8.

Kemudian setelah dilakukan intervensi 3 M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) dan 3 T bisa terus menurun.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan vaksinasi secara massal maka kita bisa mendapatkan RT-nya, reproduksi efektif atau kemampuan reproduksi bisa di bawah 1 selama satu minggu, maka kita bisa katakan Jateng sudah sampai kepada herd immunity," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/06/075741978/polda-jateng-gelar-vaksinasi-merdeka-candi-setiap-hari-ada-150000-dosis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke