Salin Artikel

BOR Turun, RS di Solo Dilarang Alihkan Tempat Tidur Pasien Covid-19 untuk Pasien Umum

SOLO, KOMPAS.com - Kepala Dinas Kesehatan Solo Siti Wahyuningsih melarang rumah sakit di Solo mengalihkan tempat tidur isolasi Covid-19 ke pasien umum, meski tingkat keterisian mulai menurun.

Ning, sapaan akrab Siti Wahyuningsih, meminta seluruh rumah sakit rujukan baik lini 1, 2 dan 3 di Solo untuk tetap mempertahankan tempat tidur isolasi Covid-19.

"Belum boleh (dialihkan). Saya minta rumah sakit di Solo mempertahankan tempat tidur isolasi," kata Ning di Solo, Jawa Tengah, Kamis (5/8/2021).

Penurunan Bed Occupancy Rate (BOR) isolasi pasien Covid-19 terjadi setelah pemerintah menerapkan PPKM darurat maupun level 4.

Ning mengungkapkan penurunan BOR isolasi pasien Covid-19 rumah sakit di Solo sangat signifikan mencapai 71 persen.

"Dulu pernah 99 persen, bahkan 100 persen. Kemarin turun menjadi 71 persen," ungkap dia.

Sedangkan untuk BOR Intensive Care Unit (ICU), kata Ning masih sekitar 80 persen karena pasien Covid-19 yang dirawat tidak hanya dari Solo.

Meskipun BOR ICU masih cukup tinggi, Ning mengatakan paling tidak sudah ada sedikit penurunan dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya yang mencapai 100 persen.

Bahkan, saking banyaknya pasien Covid-19 yang dirawat di ICU ada beberapa rumah sakit di Solo sampai mendirikan tenda darurat.

"Tenda itu menggambarkan IGD. Saya tidak mau ada yang keleleran di IGD. Makanya diberikan tenda maksudnya biar memberikan kenyamanan," jelas dia.

Lebih lanjut, Phaknya mengajak kepada semua masyarakat dan seluruh pihak untuk bersama-sama mengendalikan Covid-19 dengan menegakkan protokol kesehatan ketat.

"Mudah-mudahan terus turun angka kasusnya. Tapi kerja sama dari masyarakat dan seluruh pihak untuk protokol kesehatannya," tutur Ning.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/05/215907578/bor-turun-rs-di-solo-dilarang-alihkan-tempat-tidur-pasien-covid-19-untuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke