Salin Artikel

Penuh Haru, Vino yang Yatim Piatu akibat Covid-19 Ungkap Hal Ini ke Paman

KOMPAS.com - Penuh haru, Alviano Dava Raharja (8) atau kerap disapa Vino mengajak pamannya berziarah ke makam kedua orangtuanya di Kutai Barat, Kalimantan Timur (Kaltim).

Seperti diketahui, kedua orangtua Vino, Lina Safitri (31) dan Kino Raharjo (31), meninggal karena terpapar Covid-19 pada Juli 2021.

Vino saat itu terpaksa menjalani isolasi mandiri (isoman) seorang diri di rumahnya di Kampung Linggang Purworejo.

"Kemarin saya ke hotel nemuin Vino pengin jajan es krim sama anak saya. Kebetulan dia dekat anak saya, 'Mas, ayo beli es krim', gitu. Terus bilang, 'Pakde-pakde nanti ke Kalimantan nengokin kuburan mama sama papa'. Iya nanti ke sana bareng-bareng sama Mbah," ujar Joko Widodo, paman Vino tersebut, Rabu (4/8/2021).

Pesan terakhir orangtua Vino

Joko menjelaskan, sebelumnya Vino dan orangtuanya tinggal di Kampung Linggang Purworejo, Kecamatan Tering, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur.

Lalu, Vino dijemput oleh kakek dari ibunya, Yatin (59), didampingi petugas dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sragen.

Vino tiba di Sragen pada Senin (2/8/2021) sekitar pukul 17.00 WIB.
Hal itu dilakukan keluarga karena wasiat orangtua Vino sebelum meninggal dunia.

"Jam 11 siang itu dulu almarhum bapaknya telepon ke saya mungkin karena drop istrinya baru dimakamkan. Pokoknya nitip kedua orangtuanya dan Vino tolong dirawat gitu," bebernya.


Pilihan Vino

Jika diminta memilih, Joko berharap Vino akan tinggal bersama dirinya. Namun, Joko menyerahkan sepenuhnya pilihan itu kepada Vino.

"(Vino) nanti sama saya. Jadi anak saya, tapi dari pihak Dinas Sosial nanti biarlah anak yang memilih. Jadi keluarga sini (keluarga dari almarhum ayahnya) dan keluarga sana (keluarga dari almarhumah ibunya) sudah menginformasi biarlah anak yang menentukan," tuturnya.

"Kalau amanah suruh rawat saya. Nanti nyamannya Vino seandainya di tempat Mbahnya nggih monggo. Nyamannya di tempat pakdenya monggo," tambah Joko.

(Penulis: Kontributor Solo, Labib Zamani | Editor: Khairina)

https://regional.kompas.com/read/2021/08/05/154739378/penuh-haru-vino-yang-yatim-piatu-akibat-covid-19-ungkap-hal-ini-ke-paman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke