Salin Artikel

Ambon Keluar dari Zona Merah, Satgas: Kasus Baru Berkurang dan Pasien Sembuh Tinggi

Ambon kembali ke zona oranye dengan mengantongi skor 1,89 atau naik 0,16 dari skor pekan sebelumnya 1,73.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, dr Doni Rerung mengatakan, keluarnya Kota Ambon dari zona merah itu disebabkan tingkat kesembuhan pasien positif terus meningkat dan jumlah kasus baru yang terus menurun.

“Selain pasien sembuh meningkat dan pasien baru terus berkurang, pasien meninggal juga terus berkurang dan tingkat Bed Ocuppancy Rate (BOR) atau keterisian pasien di rumah sakit di Ambon juga menurun drastis,” katanya kepada Kompas.com via telepon sleuler, Kamis (5/8/2021).

Doni menjelaskan, penetapan zonasi penyebaran Covid-19 berlaku seminggu sekali dan pada pekan ini Ambon berhasil keluar dari zona merah atas sejumlah indikator penilaian yang ada.

“Setiap minggu itu berlaku ada penilaian, jadi pekan kemarin Ambon masih zona merah dan pekan ini sudah zona oranye tapi skornya masih tipis,” katanya.

Doni berpandangan, Ambon dapat kembali keluar dari zona merah karena keberhasilan pemerintah Kota Ambon dalam menerapkan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro dalam tiga pekan terakhir.

“Ada manfaat dari PPKM yang diterpakan ini kan fungsi PPKM itu adalah membatasi kegiatan masyarakat, termasuk membatasi kumpul-kumpul masyarakat intinya itu,” katanya.

Karena itu ia meminta warga mendukung kebijakan pemerintah agar penanganan corona dapat berjalan dengan baik.

“PPKM di Ambon ini berhasil, kita bisa lihat setelah ada tren penurunan kasus yang sangat tinggi selama PPKM.  Makanya warga harus patuhi protokol kesehatan, nanti setelah situasinya terkendali PPKM ini bisa dicabut lagi agar ekonomi berjalan, aktivitas kembali normal,” katanya.

Diketahui, per 4 Agustus 2021, total kasus terkofirmasi positif 6.072 kasus.

Dari jumlah itu, 2.439 orang masih menjalani perawatan dan isolasi mandiri dan terpusat dan 154  pasien meninggal dunia.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/05/115445378/ambon-keluar-dari-zona-merah-satgas-kasus-baru-berkurang-dan-pasien-sembuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke