Salin Artikel

Banyak Orang Tua Meninggal karena Covid-19, Pemkab Wonogiri Percepat Vaksinasi Lansia

“Bicara vaksinasi tentu dari potensi yang harus divaksinasi dan ketersediaan vaksin tidak seimbang. Maka Pemkab Wonogiri tetap memprioritaskan lansia karena banyak warga berusia lansia yang meninggal positif Covid-19,” kata Bupati Wonogiri, Joko Sutopo kepada Kompas.com, Rabu (4/8/2021) malam.

Tak hanya itu, pria yang akrab disapa Jekek ini mengatakan kasus positif Covid-19 dalam beberapa waktu terakhir juga didominasi warga lansia.

Untuk itu, vaksinasi Covid-19 harus diprioritaskan bagi lansia guna menekan jumlah kematian dan kasus orang terjangkit virus corona di Kabupaten Wonogiri.

“Bicara angka kematian dari evaluasi data yang ditampilkan satgas maka vaksin harus mengarah ke lansia yang rentan tertular Covid-19 dan tinggi kematian akibat Covid-19,” jelas Jekek.

Data yang dilansir Pemkab Wonogiri, total warga yang meninggal akibat positif Covid-19 hingga Rabu (4/8/2021) mencapai 856 orang.

Dari jumlah itu, Jekek menyebut didominasi warga berusia 50 tahun ke atas.

Berdasarkan fakta itu, kata Jekek, Pemkab Wonogiri memilih menyelesaikan vaksinasi bagi lansia dibandingkan target lainnya.


Ia menyebut total lansia yang baru divaksinasi Covid-19 sebanyak 50.807 orang.

Jumlah itu menunjukkan baru 30,38 persen dari 167.254 warga lansia yang harus divaksinasi Covid-19 di Kabupaten Wonogiri.

Menurut Jekek, saat ini Kabupaten Wonogiri mendapatkan kiriman 1.430 vial vaksin Covid-19.

Kuota itu digunakan untuk memvaksin 14.000-an lansia di Kabupaten Wonogiri.

Hanya saja vaksinasi diprioritaskan di kecamatan yang demografinya padat penduduk dan mobilitas ekonomi tinggi.

Ia mencontohkan Kota Wonogiri dan Baturetno menjadi prioritas seluruh lansia yang ada di dua kecamatan itu harus tervaksin semuanya.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/05/062321978/banyak-orang-tua-meninggal-karena-covid-19-pemkab-wonogiri-percepat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke