Salin Artikel

Pemilik Jip Wisata Lereng Merapi Terpaksa Jual Mobilnya untuk Penuhi Kebutuhan Hidup

Semua itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

"Banyak yang dijual sebenarnya, tapi kalau itu (jumlahnya berapa unit mobil yang dijual) kurang tahu persis," ujar Ketua Asosiasi Jip Wisata Lereng Merapi Wilayah Barat, Dardiri, Rabu (28/07/2021).

Dardiri menyampaikan para pemilik terpaksa menjual mobil mereka untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan membayar utang.

"Dijual untuk menutup kebutuhan sehari-hari, untuk menutup bank juga. Kebanyakan dulu pinjaman bank juga karena bank sekarang tidak ada rekomendasi akhirnya ya mau tidak mau akhrinya ya dijual," tegasnya.

Selain menjual armada, ada juga yang memilih untuk mencari pekerjaan lain. Semua itu dilakukan demi bisa mendapatkan penghasilan.

"Alih profesi juga ada, kalau tidak ya jual mobilnya untuk bertahan hidup," tuturnya.

Menurutnya, armada jip wisata di Lereng Merapi ada sekitar 1.025. Jumlah tersebut untuk wilayah barat dan timur.

Selama pelaksanaan PPKM destinasi wisata di Lereng Merapi ditutup. Sehingga jip wisata merapi tidak beroperasi.

"Kondisinya ya prihatin, tapi ya gimana lagi kondisinya begitu," ungkapnya.

Namun karena sudah menjadi kebijakan pemerintah destinasi wisata ditutup, pihaknya hanya bisa mengikuti.

"Mau tidak mau kita ikuti anjuran pemerintah saja walaupun kita udah prokes, SOP kita sudah 100 persen tapi ya pemerintah maunya kayak gitu. Tapi di sisi lain wisatawan pun juga belum seperti biasanya. Seandainya ada satu dua tidak kerumunan itu saya kira rombongan juga enggak ada, jadi sementara ini ya kita ikuti aturan pemerintah dulu," sebut Dardiri.

Selama destinasi wisata ditutup lanjutnya para pemilik dan driver jip menganggur. Mereka tidak mendapatkan pemasukan, sementara harus menghidupi keluarga.

"Dari Dinas Pariwisata (DI Yogyakarta) semua destinasi wisata kan ditutup otomatis mau menawarkan kita kan enggak ada yang kita tawarkan. Sebelumnya setelah lebaran itu ada jalan lah satu dua minggu kalau enggak salah, terus berhenti lagi karena PPKM kan itu," urainya.

Sebab dari pada keluar biaya perawatan, uang mereka gunakan untuk bertahan hidup di tengah kondisi yang serba sulit saat ini.

"Dongkrok, kalau dirawat sama aja mengeluarkan biaya, lebih baik digunakan untuk bertahan hidup. Mungkin sesudah PPKM tidak diperpanjang lagi nanti dibenahi lagi untuk mempersiapkan seandainya PPKM tidak diperpanjang lagi ya kita siapkan armadanya," ucapnya.

Diakuinya kondisi seperti saat ini dirasakan oleh semua masyarakat, termasuk orang-orang yang menggantungkan hidupnya dari pariwisata.

Sampai saat ini belum ada bantuan dari dinas terkait untuk para pemilik maupun driver jip wisata lereng Gunung Merapi.

"Enggak ada (bantuan) sampai saat ini. Ini mau pada muter khususnya jip pakai bendera (putih) itu," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/28/182845578/pemilik-jip-wisata-lereng-merapi-terpaksa-jual-mobilnya-untuk-penuhi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke