Salin Artikel

Pejabat dan ASN Banyumas Patungan Bantu Warga Isoman dan Terdampak PPKM

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Banyumas membagikan makanan siap santap untuk warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman) dan terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Bantuan tersebut merupakan hasil patungan dana dari bupati, wakil bupati, sekretaris daerah (Sekda), kepala organisasi perangkat daerah (OPD), ASN dan pengurus PKK.

"Pembagian sudah dilakukan hampir dua pekan ini sejak tanggal 17 Juli 2021," kata Sekretaris Bidang Abdimas Pramuka Kwarcab Banyumas, Heriana Adi Candra, kepada wartawan, Rabu (28/7/2021).

Menurut Adi, kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk peran aktif Pramuka pada masa pandemi Covid-19. Mengingat masih tingginya kasus Covid-19 dan adanya perpanjangan PPKM.

"Penanganan Covid-19 dan dampaknya tidak hanya menggantungkan pada pemerintah saja, namun kepedulian semua pihak, termasuk Pramuka," ujar Adi.

Kabag Kesra Setda Banyumas Suwondo mengatakan, pihaknya mengkoordinir bantuan, baik berupa uang maupun makanan siap santap berupa nasi bungkus.

"Nasi bungkus tersebut dibeli dari pedagang yang terdampak. Kemudian dibagikan kepada warga yang isoman dan warga yang sedang beraktivitas di jalan seperti tukang becak, tukang parkir, PKL dan lainnya," kata Suwondo.

Makanan yang dibagikan rata-rata sebanyak 200 dus setiap harinya.

Sementara itu, Ketua PKK Banyumas Erna Husein mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh ASN dan Pramuka Banyumas yang bekerja sama dengan PKK.

"Jadi memang, penanganan pandemi ini tidak hanya tugas pemerintah saja. Perlu kerja sama dan kepedulian dari semua pihak. Saya berharap lembaga-lembaga lain juga ikut bergerak bersama," kata Erna.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/28/145126178/pejabat-dan-asn-banyumas-patungan-bantu-warga-isoman-dan-terdampak-ppkm

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke