Salin Artikel

Dinkes Jember: Tempat Isolasi Terpusat Hotel Kebonagung Sudah Terisi 11 Orang

JEMBER, KOMPAS.com – Tempat isolasi terpusat di Hotel Kebonagung, Kabupaten Jember sudah mulai terisi. Tercatat 11 orang menempati tempat isolasi tersebut.

Mereka terdiri dari delapan pekerja migran Indonesia yang sebelumnya dikarantina di Hotel Bandung Permai dan tiga warga Kecamatan Patrang.

“Untuk Hotel Kebonagung, saat ini terisi 11 orang,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Jember Wiwik Supartiwi dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi D DRPD Jember, Selasa (27/7/2021).

Menurut dia, 11 warga tersebut menjalani isolasi terpusat sejak Senin (26/7/2021). Pemkab Jember menyediakan tempat isolasi untuk 66 warga, kemudian tiga tenda darurat untuk 60 orang. Hotel tersebut bisa menampung total 126 orang.

“Ini sesuai amanat kementerian dan gubernur untuk memutus mata rantai Covid-19,” ucap dia.

Ia berharap hotel tersebut bisa dimanfaatkan warga untuk menjalani isolasi terpusat. Pemkab Jember menggandeng rukun warga, rukun tetangga, dan tokoh masyarakat untuk memberikan pemahaman agar warga mau menempati tempat isolasi terpusat.

“Tidak mudah melakukan evakuasi, banyak warga yang tidak mau untuk isolasi terpusat,” papar dia.

Wiwik menambahkan, warga terpapar Covid-19 yang ingin menjalani isolasi terpusat, bisa menghubungi puskesmas terdekat. Setelah itu, petugas puskesmas akan mengantar pasien ke Hotel Kebonagung.

Wiwik juga mengingatkan pemerintah desa dan kecamatan menyiapkan tempat isolasi terpusat yang bisa menampung 10 warga. Hal itu disiapkan karena kasus positif Covid-19 di Jember masih meningkat.

Sementara itu, Sekretaris Komisi D DRPD Jember Nur Hasan menyarankan warga yang menjalani isolasi mandiri ditarik ke tempat isolasi terpusat.

“Lebih baik memisahkan antara yang sakit dengan yang sehat, supaya tidak terjadi penularan,” papar dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/28/120311178/dinkes-jember-tempat-isolasi-terpusat-hotel-kebonagung-sudah-terisi-11

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke