Salin Artikel

Gempa M 6,5 di Tojo Una-una, BMKG Minta Warga Waspadai Longsor

Dalam konferensi pers virtualnya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati meminta warga untuk menjauhi pantai jika guncangan gempa terasa kuat.

Hal ini untuk mencegah dampak ikutan akibat gempa seperti longsoran.

“Kalau merasa goyangan (kuat) segera menjauhi pantai. Masyarakat kami minta tetap tenang dan selalu monitor informasi dari BMKG,” kata Dwikorita Karnawati.

Imbauan untuk menjauhi pantai ini tetap dilakukan meskipun dalam penjelasan sebelumnya gempa besar magnitudo 6,5 ini tidak berpotensi tsunami.

Dalam siaran persnya Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno menjelaskan gempa yang terjadi pukul 20.09 Wita di Teluk Tomini ini dari hasil pemutakhiran menjadi magnitude 6,3.

Episenter gempa terletak di laut pada jarak 58 kilometer arah timur laut Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah, pada kedalaman 10 km.

Guncangan gempa bumi ini tidak hanya menguncang Sulawesi Tengah, namun juga dirasakan masyarakat di wilayah Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Sulawesi Barat.

BMKG mengukur guncangan ini di Ampana pada skala V-VI MMI, di Luwuk, Poso, Morowali skala V MMI, Bolmong Selatan, Bolmong Timur, Kotamobagu, Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, Buol, Bone Bolango, Pohuwato pada skala III-IV MMI, Tomohon, Manado, Ratahan, Bobong, Konawe Utara, Kolaka Utara, Masamba pada skala II-III MMI, Mamuju Tengah, Polewali pada skala II MMI.


Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi ini.

Hingga pukul 22.20 Wita, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 7 aktivitas gempa susulan (aftershock ) dengan magnitudo 2,4 sampai 4,2.

Bambang Setiyo Prayitno  meminta masyarakat di pesisir Bolaang dan Bunta agar menjauhi pantai dan diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Ia juga meminta warga untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/26/222437878/gempa-m-65-di-tojo-una-una-bmkg-minta-warga-waspadai-longsor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke