Salin Artikel

Tingkatkan Imunitas Warga Isoman, Mahasiswa Solo Berikan Paket Buah-buahan

Mereka mendatangi satu persatu rumah warga yang sedang menjalani isolasi mandiri dengan membagikan paket berupa buah-buahan.

Paket buah-buahan berisi apel, nanas, jeruk, stroberi, salak dan pisang itu mereka gantungkan di setiap pintu rumah warga yang sedang menjalani isoman.

Pembagian paket buah-buahan mereka awali dari warga yang sedang menjalani isolasi mandiri di RT 01, RW 09 Kelurahan Pucangsawit, Kecamatan Jebres.

Mereka juga membagikan paket buah-buahan tersebut kepada warga yang sedang menjalani isolasi mandiri di tempat lain.

Gerakan membagikan paket buah-buahan kepada warga yang sedang menjalani isolasi mandiri maupun pegiat jalanan tersebut mereka namakan "Ater-ater".

Penggagas gerakan Ater-ater, S Sophiyah mengatakan, alasan membagikan paket buah-buahan karena warga yang sedang menjalani isolasi mandiri membutuhkan buah-buahan untuk daya tahan tubuh.

Paket buah-buahan ini mereka bagikan secara gratis sebagai bentuk kepedulian mereka meringankan beban warga yang sedang menjalani isolasi mandiri.

"Karena lagi gencar-gencarnya hashtag warga bantu warga kita berpikir apa yang bisa kita lakukan. Hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan tapi yang belum terisi. Kita langsung terpikir buah-buahan karena pasokan sembako kan rata-rata sudah banyak," kata Sophiyah ditemui di sela-sela membagikan paket buah-buahan warga isolasi mandiri di Pucangsawit, Jebres, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (24/7/2021).


Dia menambahkan buah-buahan sangat diperlukan warga yang sedang menjalani isolasi mandiri untuk daya tahan tubuh dan meningkatkan imunitas.

"Jadi gerakan ini kita lebih menjaga imunitas bareng-bareng (kelompok). Bukan untuk diri sendiri tetapi kita berbagi bagaimana menjaga yang lain juga," ungkap dia.

Selain warga yang sedang menjalani isolasi mandiri, ungkap dia paket buah-buahan tersebut juga mereka berikan kepada pegiat jalanan seperti tukang becak maupun yang lainnya.

"Paket buah-buahan kita berikan kepada pegiat jalanan karena mereka jarang sekali makan buah-buahan. Merespons juga teman-teman terdekat yang isoman kemudian yang lain," tutur dia.

Sophiyah menyebutkan, ada sebanyak 130 paket buah-buahan yang mereka distribusikan kepada warga isolasi mandiri maupun pegiat jalanan.

Dia menambahkan, gerakan sosial tersebut akan mereka lakukan setiap sebulan sekali.

"Gerakan membagikan buah-buahan baru sekarang. Tapi untuk kegiatan kemanusian sudah beberapa kali kita lakukan. Seperti mengumpulkan barang bekas kemudian dijual hasilnya kita donasikan yang membutuhkan," kata Sophiyah.

Relawan Jogo Tonggo RT 001 Pucangsawit, Mamik (43) mengatakan, buah-buahan sangat diperlukan untuk kesehatan warga terpapar Covid-19, terutama yang sedang menjalani isolasi mandiri.

Menurut Mamik di wilayah warga yang terpapar Covid-19 ada puluhan orang. Mereka ada yang diisolasi terpusat dan isolasi mandiri di rumah.

"Harapan kami warga yang menerima bantuan paket buah-buahan ini senang dan bisa segera pulih kembali," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/24/195821778/tingkatkan-imunitas-warga-isoman-mahasiswa-solo-berikan-paket-buah-buahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke