Salin Artikel

Pasokan Oksigen RS Holistic Purwakarta Habis, 3 Pasien Covid-19 Meninggal Dunia

Direktur RSU Holistic dr Fanani Fathihah mengakui kondisi itu memang benar terjadi.

Manajemen rumah sakit terpaksa melayangkan surat agar dimaklumi oleh pasien dan keluarga dengan kondisi yang saat ini sudah kehabisan stok oksigen.

"Dampaknya untuk pasien yang bergantung kepada alat, kepada oksigen yang membutuhkan akhirnya tidak tertolong (meninggal dunia). Sehari kemarin tiga orang dampak dari oksigen," kata Direktur RSU Holistic dr Fanani Fathihah saat dikonfirmasi, dikutip dari Tribun Jabar, Rabu (21/7/2021).

"Kami terpaksa mengeluarkan surat tersebut dikarenakan sehari kemarin kami tidak mendapatkan suplai oksigen dari beberapa distributor yang biasa memasok ke rumah sakit kami, sehingga benar-benar oksigen di tempat kami kosong seharian," ujar Fanani menambahkan.

Menurut Fanani, sebelum melayangkan surat itu, para tenaga medis sudah berusaha maksimal untuk mendapatkan pasokan oksigen.


Baik membeli secara eceran maupun meminta bantuan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta dan Provinsi Jawa barat.

"Lima tabung oksigen pinjam pakai dikirim oleh Provinsi Jawa barat melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta dan 25 tabung suplai dari wilayah Subang. Namun, karena pemakaian yang meningkat, stok yang terbatas itu kini pun sudah habis," ucapnya.

Sementara, kebutuhan oksigen di rumah sakit yang menjadi rumah sakit rujukan Covid-19 ini mencapai 200 tabung perhari, sedangkan pasokan oksigen tidak stabil.

Sampai saat ini terdapat 50 pasien Covid-19 yang sedang dirawat di RS Holistic.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul: Pasokan Oksigen di RS Holistic Purwakarta Sempat Habis, Tiga Pasien Covid-19 Meninggal Dunia

https://regional.kompas.com/read/2021/07/22/113722478/pasokan-oksigen-rs-holistic-purwakarta-habis-3-pasien-covid-19-meninggal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke