Salin Artikel

RS Rujukan Covid-19 di Banjarmasin Kekurangan Nakes, Rekrutmen Dibuka

Rumah sakit yang dimaksud adalah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Suriansyah Banjarmasin, dalam beberapa hari terakhir terus kedatangan pasien Covid-19.

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina mengatakan, sudah membuka rekrutmen untuk mengatasi masalah tersebut.

"Dari kemarin kita sudah publikasi untuk rekrutmen sebanyak 50 orang perawat, lima orang dokter umum, dan empat orang bidan," ujar Ibnu Sina dalam keterangan yang diterima, Kamis (22/7/2021).

Penambahan jumlah tenaga kesehatan itu kata Ibnu juga atas permintaan Pemprov Kalsel setelah melihat penambahan jumlah kasus di Banjarmasin.

"Karena sesuai juga dengan permintaan Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel," tambahnya.

Ibnu mengungkapkan, saat ini RSUD Sultan Suriansyah Banjarmasin merawat 43 pasien Covid-19 dari kapasitas 50 tempat tidur.

Itu berarti, sisa tempat tidur yang diperuntukkan untuk pasien Covid-19 hanya tersisa tujuh.

Oleh sebab itu jumlah tempat tidur di RSUD Sultan Suriansyah Banjarmasin akan segera ditambah secara bertahap hingga 125 tempat tidur.

Hal itu untuk mengantisipasi pasien dirawat diluar dari tempat semestinya, seperti di tenda-tenda darurat.

"Saya melihat persiapannya ya mungkin sudah di atas 90 persen lah karena dari segi ruangan yang di dalam perencanaan itu untuk tiga kita diskusikan jadi lima ruangan. Itu saya kira yang namanya darurat lebih baik begitu daripada kita harus di luar, ya dioptimalkan yang ada lah," jelasnya.

Ibnu juga mengimbau kepada seluruh rumah sakit yang ada di Banjarmasin untuk segera menambah kapasitas tempat tidur jika sewaktu-waktu rumah sakit rujukan penuh dan tak mampu lagi menampung lonjakan pasien Covid-19.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/22/112943878/rs-rujukan-covid-19-di-banjarmasin-kekurangan-nakes-rekrutmen-dibuka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke