Salin Artikel

Serang Masuk PPKM Level 4, Wali Kota: Pembatasan Mobilitas Masyarakat Terus Dilakukan

SERANG, KOMPAS.com - Wali Kota Serang, Syafrudin menyampaikan, pemerintah pusat menetapkan wilayahnya harus menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4.

Ketetapan ini tercantum dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 22 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat level 4 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali yang ditandatangani hari ini, Senin (21/7/2021).

"Kota Serang masuk level 4, jadi PPKM ini diperpanjang sampai 26 Juli 2021. PPKM kali ini tidak ada perubahan aturan. Hanya penekannnya untuk mengoptimalkan dan menggencar tracing dan testing yang perlu kita lakukan," kata Syafrudin kepada wartawan. Rabu (21/7/2021).

Syafrudin sudah meminta Dinas Kesehatan untuk memperbanyak tracing dan testing agar kasus Covid-19 dapat mereda.

Selain itu, pembatasan mobilitas masyarakat akan terus dilakukan termasuk penutupan ruas jalan protokol dan memadamkan penerangan jalan dii pusat Kota.

"Kalau aturan sama kaya PPKM Darurat, penekanan pada (PPKM level 4) kali ini perbanyak tracing dan testing supaya kasus mereda, mobilitas masyarakat semakin kurang," ujar Syafrudin.


Kasus Covid-19 terkini

Disebutkan Syafrudin, selama penerapan PPKM Darurat 3 - 20 Juli 2021 kasus terkonfirmasi positif sebanyak 678 pasien Covid-19 di Kota Serang.

Kemudian kasus meninggal dunia selama PPKM Darurat sebanyak 30 orang. Saat ini sebanyak 1.026 orang sedang menjalani isolasi mandiri.

"Iya jumlahnya banyak, karena memang selama PPKM Darurat, kami terus melakukan testing, tracking dan treatment," kata Syafrudin.

Akibat melonjaknya kasus Covid-19 dan penuhnya fasilitas kesehatan menyebabkan Kota Serang masuk daerah dengan resiko penularan tinggi atau zona merah.

Diketahui, ada tiga daerah di Provinsi Banten yang masuk PPKM level 4 yakni Kota Serang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

Sedangkan tiga daerah menerapkan PPKM level 3 yakni Kabupaten Tangerang, Kota Cilegon, Kabupaten Serang, dan Kabupaten Lebak.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/21/202502178/serang-masuk-ppkm-level-4-wali-kota-pembatasan-mobilitas-masyarakat-terus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke