Salin Artikel

Stok Oksigen Cair di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Kembali Normal

YOGYAKARTA, KOMPAS.com -  Ketua Satgas Oksigen Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta, Tri Saktiyana mengatakan, Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah Gamping sudah mendapatkan kiriman oksigen.

Meski demikian, sempat mengalami kendala saat pengisian oksigen cair.

"Ada sedikit hambatan teknis ternyata truk tangki oksigen itu konektor untuk yang mengisi ke tangkinya PKU itu ternyata tidak sama. Sehingga harus dimodifikasi atau diberi semacam adaptor konektor sehingga memerlukan waktu," jelasnya saat ditemui di Kantor Gubernur DI Yogyakarta, Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Rabu (21/7/2021).

Tri menjelaskan, perbedaan konektor karena sekarang ini truk tangki bisa menggunakan atau meminjam dari penyuplai oksigen mana saja.

"Sekarang kan tidak hanya truk dari Samator, kadang dapat pinjaman dari mana gitu. Itu konektornya ada yang tidak sama, kebetulan yang dikirim ke sana," katanya.

Dikatakan Tri, kendala teknis tersebut membuat pengisian oksigen cair sedikit mengalami keterlambatan.

Di lain pihak, Direktur RS PKU Muhammadiyah Gamping Ahmad Faesol mengungkapkan, kiriman liquid oksigen dari produsen telah diterima  pukul 11.00 WIB.

"Tadi pukul 11-an sudah datang kiriman dari Samator," katanya.

Diberitakan sebelumnya, ketersediaan oksigen cair RS PKU Muhammadiyah Gamping dikabarkan menipis dan

diperkirakan bisa bertahan hingga Rabu (21/7/2021) pukul 03.00 WIB.

Terkait hal ini, Direktur RS PKU Muhammadiyah Gamping Ahmad Faisal mengatakan PKU Gamping memiliki sentra oksigen likuid dengan kapasitas 5,5 ton.

"Kita pakai oksigen likuid dengan kapasitas tangkinya kurang lebih 5,5 ton. Saat ini oksigen cair kita hanya bertahan sampai kurang lebih pukul 03.00 dini hari," katanya, Selasa (20/7/2021) malam.

Untuk mengatasi oksigen cair yang menipis ini, RS PKU Muhammadiyah memiliki cadangan tabung oksigen dengan jumlah 20 tabung.

"Iya, ini ada cadangan 20 tabung oksigen dari Samator," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/21/154740578/stok-oksigen-cair-di-rs-pku-muhammadiyah-yogyakarta-kembali-normal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke