Salin Artikel

Kasus Covid-19 Tinggi, Bekas Gedung SMP Digunakan untuk Isolasi Terpusat

PURBALINGGA, KOMPAS.com- Kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah menembus angka 3.048 orang.

Sedikitnya 201 orang menjalani perawatan di rumah sakit, sementara 2.847 lainnya menjalani isolasi mandiri.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga Hanung Wikantono mengatakan, saat ini prioritas pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit adalah yang memiliki gejala berat. Selain itu, penderita penyakit penyerta atau komorbid juga menjadi prioritas.

“Sementara untuk pasien yang tanpa gejala atau OTG dan bergejala ringan kami arahkan untuk isolasi mandiri di rumah atau di gedung isolasi terpusat,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Senin (19/7/2021).

Pemerintah, kata Hanung, telah membuka gedung bekas SMP N 3 Purbalingga sebagai pusat isolasi. Total kapasitas pasien yang dapat ditampung di sana yakni sekitar 90 orang.

“Sebetulnya kapasitas untuk 100 orang, tetapi ada beberapa kamar yang bocor, jadi maksimal sekitar 90 dan saat ini terisi 28 orang,” ujarnya.

Selain untuk pasien OTG, gedung isolasi terpusat dapat dimanfaatkan untuk warga yang tidak dapat melakukan isoman di rumah. Beberap hal yang membuar sebuah rumah tak memenuhi syarat isoman yakni tidak adanya ruang kamar yang memadai atau jika ada bayi maupun ibu hamis di rumah pasien.

Hanung menyebut, fasilitas yang disediakan di isolasi terpusat SMP 3 adalah standar perawatan isoman. Diantaranya yakni kamar, ranjang, kamar mandi luar, peralatan rumah tangga dan peralatan rumah tangga untuk dapur umum.

Selain itu, disediakan pula alat pengaman diri (APD) bagi tamu yang hendak masuk menjenguk. Tenaga medis seperti dokter dan perawat juga siaga 24 jam untuk memantau kondisi pasien.

“Kami juga siapkan ambulans dan cadangan oksigen yang terpasang di ambulans bila ada yang memerlukan,” jelasnya.

Hanung menjelaskan, mekanisme untuk mendaftar sebagai pasien isoman di SMP 3 melalui petugas puskesmas setiap kecamatan. Selain itu juga dapat menghubungi narahubung petugas di gedung isolasi terpusat melalui nomor 081391451333.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/19/124855878/kasus-covid-19-tinggi-bekas-gedung-smp-digunakan-untuk-isolasi-terpusat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke