Salin Artikel

Jelang Idul Adha, Satgas Covid-19 Yogyakarta Ingatkan Ancaman Varian Delta

KOMPAS.com - Jelang Idul Adha, Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Yogyakarta Heroe Poerwadi mengingatkan warga untuk waspada penyebaran varian Delta Covid-19.

Dilansir dari Antara, Heroe mengimbau warga Yogyakarta untuk lebih disiplin dan patuh peraturan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Menurutnya, varian Delta Covid-19 lebih mudah menyebar dan menular. Salah satu pencegahannya adalah mengurangi interaksi antarwarga.

"Sudah ada pernyataan dari Gubernur DIY bahwa jenis virus yang berkembang di Yogyakarta saat ini adalah varian Delta yang tingkat sebarannya lebih cepat dan mudah," kata Heroe yang juga Wakil Wali Kota Yogyakarta tersebut, Minggu (18/7/2021).

Pihaknya mengaku sudah membuat aturan pelaksanaan ibadah Idul Adha di tengah PPKM Darurat.

Aturan baik larangan takbir keliling hingga shalat Idul Adha. Kata Heroe, takbir secara virtual masih diperbolehkan dengan jumlah orang terbatas.

Lalu, warga diminta menggelar shalat di rumah bersama keluarga.

Kemudian, untuk penyembelihan hewan kurban, Heroe minta dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan Giwangan.

Namun, jika dilakukan secara mandiri oleh masyarakat maka harus menyampaikan pemberitahuan ke Dinas Pertanian dan Pangan.

"Pembagian daging kurban yang biasanya melibatkan banyak orang perlu dihindari. Daging lebih baik diantar langsung ke rumah penerima," katanya.

Seperti diketahui, per hari Minggu (18/7), terdapat tambahan 253 kasus COVID-19 di Yogyakarta, dengan 203 pasien sembuh, dan 15 pasien meninggal dunia.


Total kasus aktif saat ini di Yogyakarta adalah sebanyak 4.402 kasus.

Selain itu, menurut Heroe, kecepatan peningkatan kasus COVID-19 mengalami kenaikan 10 kali lipat sepanjang Juli jika dibanding bulan sebelumnya.

Menurutnya, rata-rata kenaikan kasus di Yogyakarta setiap hari sekitar 10-30 kasus tetapi pada Juli bisa mencapai 300-400 kasus per hari.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/19/060000778/jelang-idul-adha-satgas-covid-19-yogyakarta-ingatkan-ancaman-varian-delta-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke