Salin Artikel

Akun Instagram Dinkes Banten Dinobatkan "Paling Rapi" oleh Dokter Tirta, Ini Kata Kadinkes

SERANG, KOMPAS.com - Dokter sekaligus influencer Tirta Mandira Hudhi menobatkan akun Instagram resmi Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten paling rapi dibandingkan daerah lainnya.

Doktor Tirta melalui video yang diunggah di akun Youtubenya, Tirta PengPengPeng dengan judul #suaratirta : IDE ABSURD SELAMA PANDEMI itu menyoroti konten yang diunggah @dinkes_provbanten.

Dia menyindir tampilan profil akun Instagram Dinkes Banten dipenuhi gambar wajah kepala daerahnya saja yakni Gubernur Banten, Wahidin Halim dan Wakil Gubernur, Andika Hazrumy.

"Ini adalah capture Instagram Dinkes DKI, Dinkes Jogja, Dinkes Jateng, Dinkes Jatim, Dinkes Banten. Yang Banten (feed-nya) kepala daerahnya semua. Kita lihat ya, Banten keren loh feed-nya, rapi gambarnya kepala daerah, liatnya tuh rapi, ini paling rapi. Rapi banget loh," ucap Tirta sambil memperlihatkan ponselnya di video yang diunggahnya, Kamis (15/7/2021).

Sehingga, dia menobatkan akun Instagram Dinkes Banten menjadi paling rapi dibandingkan akun Instagram Dinkes provinsi lainnya.

"Jadi kita nobatkan Dinkes Prov Banten ini foto feed Instagram edukasi Cobid-19 paling rapi. DKI, Jateng, Jogja, Jatim lewat semua. Paling bagus Prov Banten," ujar Tirta.

Saat dikonfirmasi wartawan, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, dr Ati Pramudji Hastuti membantah bahwa gambar yang diunggah tidak hanya menampilkan foto kepala daerah saja.

Dikatakan Ati, feed yang menampilkan foto kepala daerah saja itu pada slide kedua menampilkan informasi data Covid-19 dan pada slide ketiga ada peta zonasi per kabupaten/kota.

"Tampilan IG yang memunculkan kepala daerah saja seolah setiap hari itu tidak benar.  Tampilan yang terdiri dari tiga slide tersebut tayang setiap hari di IG adalah data update jumlah data Covid-19 setiap hari," kata Ati kepada wartawan. Jumat (16/7/2021).

Ati menjelaskan, tenaga IT dari Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Banten diperbantukan untuk mengelola akun Instagram @dinkes_provbanten.

Namun, yang menentukan konten unggahan pada akun tersebut tetap persetujuan dari Dinkes Banten.

"Tenaga IT dari Kominfo, tapi ditugaskan oleh Sekda untuk diperbantukan ke Dinkes melalui surat yang dikirim oleh BKD (Badan Kepegawaian Daerah)," ujar Ati.

Pantuan Kompas.com, usai disoroti oleh Dokter Tirta, kini feed Instagram Dinkes Banten mulai mengunggah konten -konten berbeda dari biasanya.

Kegiatan Dinkes Banten pun diunggah hingga sejumlah informasi soal penanganan Covid-19.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/16/193015078/akun-instagram-dinkes-banten-dinobatkan-paling-rapi-oleh-dokter-tirta-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke