Salin Artikel

Hari Pertama Penutupan Exit Tol Jateng, Ratusan Kendaraan Diputar Balik di Brebes

BREBES, KOMPAS.com - Ratusan kendaraan nonesensial dan nonkritikal diminta putar balik saat melintasi tiga pintu tol di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah saat hari pertama pemberlakuan penutupan exit tol, Jumat (16/7/2021).

Kasatlantas Polres Brebes AKP Putri Noer Kholifah mengatakan, tiga pintu tol di Brebes, yakni exit tol Brebes Barat, Brebes Timur, dan Pejagan hanya bisa dilalui kendaraan sektor esensial dan kritikal.

"Selain dua sektor tersebut semua kendaraan dilarang melintas dan diputar balik masuk ke ruas tol," kata Putri kepada wartawan, di Pos Polisi Exit Tol Brebes Timur, Jumat.

Selain itu, lanjut Putri, semua kendaraan pribadi yang tak bisa menunjukan KTP atau domisili Brebes atau persyaratan wajib lainnya juga diminta putar balik

"Sedangkan untuk bus angkutan umum, jika jumlah penumpangnya sesuai aturan, maka kita perbolehkan," kata Putri.

Sementara itu, untuk mempermudah pemeriksaan kendaraan, pihaknya menempelkan stiker khusus setelah dilakukan pemeriksaan surat jalan. Khususnya bagi kendaraan esensial dan kritikal.

Penutupan pintu tol di Brebes sendiri akan berlangsung hingga 22 Juli mendatang.

"Demikian juga kendaraan yang dari pantura mau masuk tol kita minta putar balik jika tanpa kepentingan dan dilengkapi surat keterangan," kata Putri.

Sempat terjadi antrean kendaraan saat petugas Satlantas Polres Brebes melakukan pemeriksaan surat kelengkapan kendaranan yang termasuk sektor esensial dan kritikal.

Sementara itu, adanya penyekatan juga dikeluhkan sejumlah sopir, baik sopir truk, maupun bus antar kota antar provinsi (AKAP).

Salah satu sopir truk, Urino mengatakan, ia terpaksa tak bisa mengantar barang berupa plastik dari Pemalang ke Cirebon pasalnya selalu diminta putar balik saat akan ke luar ke jalur pantura.

Sama halnya Urino, Wahdansyah sopir bus ALS dari Surabaya tujuan Medan Sumetara Utara juga mengeluhkan kondisi tersebut.

"Akhirnya tak bisa keluar tol di Brebes untuk menjemput penumpang di Terminal Bus Kota Tegal," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/16/161412878/hari-pertama-penutupan-exit-tol-jateng-ratusan-kendaraan-diputar-balik-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke