Salin Artikel

Seorang Ibu di Padang Tega Suruh Anak-anaknya Jadi Pengemis di SPBU

"Di perempatan jalan kita tidak menemukan anak-anak yang meminta-minta. Namun kami menemukannya di SPBU Jati dan Balaibaru," ujar Kabid Tibumtranmas Satpol PP Padang Edrian Edwar, kepada sejumlah wartawan, Rabu. 

Sebanyak lima orang diamankan di SPBU Jati dan tiga orang diamankan di SPBU Balaibaru.

"Dari delapan orang itu tiga orang perempuan, empat orang laki-laki dan satu orang tua perempuan," ujar Edwar.

"Kita sangat menyayangkan ada orang tua yang memanfaatkan anaknya untuk meminta-minta demi menarik simpati orang untuk mendapatkan uang," lanjutnya.

Sementara itu Kasi Perlindungan Khusu anak DP3AP2KB Afrida Wati menjelaskan, razia dilakukan oleh Satpol PP dan Dinas Sosial.

Saat razia tersebut didapatkan seorang ibu bersama dengan dua orang anaknya tengah meminta-minta. Kegiatan tersebut bertujuan agar tidak terjadi ekspoitasi anak di Kota Padang.

“Selanjutnya tentu kita akan melihat terlebih dahulu apa latar belakangnya, hinga menyuruh anaknya meminta-minta," ujar Afrida.

Lebih jauh dikatakannya, saat ini mereka yang terjaring razia dititipakan dulu di LPKS sebelum dilakukan penanganan lebih jauh.

"Karena DP3AP2KB tidak memiliki rumah aman untuk anak-anak ini, mereka kita titipkan dulu di LPKS. Besok kami akan mewawancara orang tuanya, untuk selanjutnya kita lihat perkembangan hasil wawancara," kata Afrida.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/14/205511178/seorang-ibu-di-padang-tega-suruh-anak-anaknya-jadi-pengemis-di-spbu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke