Salin Artikel

Polisi Sebut KKB yang Terlibat Kontak Senjata di Yahukimo Diduga Kelompok Tedius Gwijangge

KOMPAS.com - Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal menduga, kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang terlibat kontak senjata dengan aparat keamanan di Yahukimo, Papua, pada Sabtu (10/7/2021) malam, merupakan kelompok pimpinan Tedius Gwijangge alias Tendinus Murib.

"Pelaku diduga merupakan Kelompok Kriminal Bersenjata pimpinan Tendius Gwijangge," kata Kamal melalui keterangan tertulis, Minggu (11/7/2021).

Pasca-baku tembak tersebut, petugas saat ini masih melakukan penyisiran dan penyelidikan untuk mengejar kelompok tersebut.

"Saat ini personel gabungan masih melakukan penyelidikan dan pengejaran terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata," ujarnya.

Diceritakan Kamal, kontak senjata tersebut berawal saat Tim Satgas Gakkum yang berjumlah 12 orang dipimpin Iptu Budi Basrah bergerak dari Polres Yahukimo menuju ke Kali El, Kampung Mosom Dua, Distrik Seradalah, Yahukimo, untuk melakukan penyelidikan keberadaan KKB di sana, Jumat (9/7/2021) sekitar pukul 19.00 WIT.

Lalu, Sabtu pagi tim tiba di lokasi yang dituju dan langsung melakukan penyisiran di wilayah tersebut.


Kemudian, pukul 19.00 WIT, tim yang melakukan penyisiran tersebut ditembaki oleh KKB, petugas kemudian membalas tembakan hingga terjadi baku tembak antara Tim Satgas dan KKB di Kali El.

Pukul 19.30 WIT, personel Polres Yahukimo mendapat informasi melalui telepon dari Katim Satgas Ops Newangkawi terjadi kontak senjata dengan KKB hingga membuat satu petugas tertembak pada bagian perut bawah.

Lanjut Kamal, mendapat informasi tu, Kapolres Yahukimo AKBP Deni Herdiana beserta personel gabungan Polres Yahukimo dan Brimob Den A pelopor BKO Polres Yahukimo menuju ke Kali Ei mengambil langkah penanganan terkait kasus penembakan tersebut.

"Korban saat ini telah mendapatkan perawatan medis di RS Bhayangkara Jayapura," ujarnya.

Saat ini, polisi yang tertembak saat baku tembak tersebut sudah dievakuasi ke Jayapura, Minggu sekitar pukul 07.40 WIT.

 

(Penulis : Kontributor Jayapura, Dhias Suwandi | Editor : Khairina)

https://regional.kompas.com/read/2021/07/11/144852578/polisi-sebut-kkb-yang-terlibat-kontak-senjata-di-yahukimo-diduga-kelompok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke