Salin Artikel

Tempat Tidur Overload, RS SMC Samarinda Setop Terima Pasien Covid-19

SAMARINDA, KOMPAS.com – Rumah Sakit Samarinda Medika Citra (RS SMC) di Samarinda, Kalimantan Timur, terpaksa menghentikan sementara penerimaan pasien baru Covid-19.

Manager Marketing Public Relations RS SMC Langoday Aldo mengatakan, penghentian sementara ini karena penuhnya kapasitas ruang perawatan Covid-19.

“Itu hal pertama sehingga tidak bisa melayani pasien baru. Kami juga tidak bisa menambah ruangan isolasi maupun tempat tidur lagi,” ungkap Aldo saat dihubungi Kompas.com, Jumat (9/7/2021).

Alasan kedua, kata Aldo, stok obat antivirus saat ini tidak tersedia di RS SMC.

RS SMC selama ini mendapat pasokan obat antivirus dari distributor obat dan sebagian lain dari dinas kesehatan.

“Kita sudah berupaya mendapatkan, tapi masih kesulitan mendapatkan obat tersebut,” terang dia.

Aldo tidak merinci obat antivirus yang ia maksud. Namun, dia mengaku dalam situasi saat ini, beberapa rumah sakit juga mengalami hal yang sama.

“Pada akhirnya kami bikin keputusan, tentu melalui banyak pertimbangan untuk tidak menerima dulu pasien baru Covid-19,” tegas dia.

Sebab, saat bersamaan rumah sakit juga fokus memberi pelayanan kepada 34 pasien Covid-19 yang sedang dirawat, juga pasien non-Covid-19.

“Mereka (pasien) juga butuh perhatian ekstra dari kami,” pungkas dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/09/104632078/tempat-tidur-overload-rs-smc-samarinda-setop-terima-pasien-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke