Salin Artikel

RSUD Malingping Banten Mulai Layani Pasien Covid-19, Ini Ketentuannya

SERANG, KOMPAS.com - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, dr Ati Pramudji Hastuti memastikan rumah sakit umum daerah (RSUD) Malingping, Lebak akan melayani pasien Covid-19.

Dikatakan Ati, RSUD Malingping mulai Jumat (9/7/2021) akan membuka empat tempat tidur untuk perawatan pasien Covid-19 yang menjalani isolasi.

"Untuk RSUD Malingping sekarang sedang dipersiapkan (menerima pasien Covid-19). Tadi saya kontak terakhir untuk menanyakan persiapan terakhir, mudah-mudahan Jumat ini sudah bisa dibuka layanan Covid-19," kata Ati kepada wartawan di Kejati Banten. Kamis (8/7/2021).

Dijelaskan Ati, manajeman RSUD Malingping sudah mempersiapkan empat tempat tidur yang berada terpisah dengan ruang perawatan non Covid-19.

Namun, untuk tempat tidur ICU belum difungsikan sebagai ruang perawatan dikarenakan dalam kondisi penuh oleh pasien.

"Kalau ICU masih penuh non Covid-19. Kalau penuh dirujuk ke RSUD Adjidarmo," ujar Ati.

Ati menerangkan, akan secara bertahap kapasitas tempat tidur pasien Covid-19 di RSUD milik Pemrov Banten itu ditambah. Namun melihat kondisi kasus di wilayah Banten Selatan.


"Kalau di daerah sekitar RSUD Malingping tidak banyak (kasusnya), kalau di Lebak yang banyak kasus itu kan di Rangkasbitung karena mobilitasnya tinggi. Itu yang saya pertimbangkan," ujar Ati.

Pertimbangan lainnya yakni masih banyaknya pasien non Covid-19 di wilayah Malingping, Cilogram, dan Bayah yang harus dilayani dan membutuhkan ruang perawatan.

"Nanti ruang Covid-19 diperbanyak, yang sakit biasanya ke mana. Karena untuk RSUD Malingping itu untuk wilayah Cilograng, Bayah, Malingping itu jauh untuk ke rumah sakit lain. Jadi kita harus memperhatikan itu," kata Ati.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/08/181101878/rsud-malingping-banten-mulai-layani-pasien-covid-19-ini-ketentuannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke