Salin Artikel

Positif Covid-19, Petugas Avsec Bandara Soekarno-Hatta Palsukan Surat PCR untuk ke Jakarta

AOS yang merupakan petugas Avsec di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang itu ditangkap saat hendak kembali ke Jakarta menggunakan maskapai penerbangan Batik Air.

"Ditreskrimum Polda Aceh, Rabu kemarin mengamankan terduga pemalsuan surat keterangan hasil tes PCR berinisial AOS (26) saat hendak bepergian melalui Bandara Sultan Iskandar Muda, " ujar Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy, kepada Kompas. com saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (8/7/2021).

"AOS bekerja sebagai Avsec di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang," kata Winardy menambahkan.

Winardy menjelaskan, terungkapnya pemalsuan hasil tes PCR setelah dilakukan pemeriksaan oleh petugas KKP Bandara SIM.

Petugas mencurigai surat hasil tes PCR yang digunakan AOS palsu.


"Setelah divalidasi, ternyata surat keterangannya itu palsu dan yang bersangkutan langsung dicegat oleh petugas KKP yang kemudian diserahkan ke Dirkrimum untuk diproses hukum," katanya.

Mengganti hasil positif

Winardy menjelaskan, AOS memalsukan hasil PCR asli dari Lab Kesda dengan cara men-scan dan mengubah keterangan hasil positif menjadi negatif.

"Apa yang dilakukan oleh terduga pelaku ini sangat berbahaya, yang mana ia sudah positif tapi masih nekat melanjutkan perjalanan dengan cara melanggar hukum," ucap Winardy.

Saat ini AOS sudah diisolasi di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Aceh.

Dari pelaku, polisi mengamankan barang bukti berupa hasil tes PCR yang sudah diubah, identitas, dan tiket pesawat untuk kepentingan penyidikan.

"AOS sudah diisolasi. Ia akan dipersangkakan Pasal 263 KUHP tentang Pemalsuan Surat," ujar Winardy.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/08/152259478/positif-covid-19-petugas-avsec-bandara-soekarno-hatta-palsukan-surat-pcr

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke