Salin Artikel

Ganjar Sebut Kudus Keluar dari Zona Merah, tapi Kasus Covid-19 Jepara Meningkat

SEMARANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, Kabupaten Kudus sudah keluar dari zona merah penyebaran Covid-19.

Sebelumnya, Kabupaten Kudus sempat mengalami lonjakan kasus Covid-19 yang cukup tinggi usai ditemukan varian delta.

"Kudus justru melandai, sekarang sudah orange kalau dari data epidemologis. Engga (masuk zona merah). Kudus bagus malah," kata Ganjar kepada wartawan, Selasa (6/7/2021).

Melihat perkembangan Kabupaten Kudus yang membaik, Ganjar berharap daerah-daerah sekitar berstatus zona merah bisa segera melandai.

"Jadi tren Kudus itu kita harapkan bisa memengaruhi area sekitarnya. Artinya Jepara, Pati, Rembang," ujarnya.

Ganjar pun terus memantau penanganan kasus Covid-19 di daerah zona merah di sekitar Kabupaten Kudus, terutama Kabupaten Jepara yang sedang meningkat.

"Nah kita sekarang lagi perhatikan daerah-daerah sekitar Kudus itu, Jepara kan lagi meningkat," ungkapnya.

Di sisi lain, Ganjar meminta daerah lainnya untuk terus menambah tempat tidur karena rata-rata BOR di rumah sakit seluruh daerah terutama kota besar meningkat.

"Hampir rata-rata sudah tinggi semua, cuman sekarang kita minta tambah terus. Sehingga posisi masih dinamis artinya kita tidak boleh berdiam diri," katanya.

Ganjar mencontohkan, pengalaman kasus Covid-19 Kabupaten Banjarnegara yang biasa justru sekarang meningkat.

"Umpama pengalaman Banjarnegara kemarin terasa biasa (kasus Covid) sekarang terjadi peningkatan maka kemarin bicara Banjarnegara kita siapkan hati-hati loh Bu Kepala Dinkes. Rata-rata di kota besar sudah penuh semua," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/06/185310578/ganjar-sebut-kudus-keluar-dari-zona-merah-tapi-kasus-covid-19-jepara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke