Salin Artikel

Stasiun Gubeng Sediakan Vaksin Gratis bagi Calon Penumpang, Ini Syaratnya

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan, pelaksanaan vaksinasi di Stasiun Gubeng ditujukan untuk mendukung program pemerintah dalam mempercepat program vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

"Di sisi lain juga membantu melengkapi persyaratan pelanggan KA jarak jauh untuk melakukan perjalanan di masa PPKM darurat ," ujar Luqman kepada wartawan, Selasa (6/7/2021).

Ia meminta calon pelanggan untuk merencanakan dengan baik waktu atau pelaksanaan vaksinasi dan jadwal keberangkatan.

"Ini untuk menghindari keterlambatan naik Kereta Api. Kuota yang disediakan di masing-masing stasiun pun terbatas setiap harinya," ujar Luqman.

Meski telah mendapat vaksin, Luqman tetap mengingatkan kepada seluruh pelanggan untuk terus menerapkan protokol kesehatan dan disiplin 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan rutin, dan menjaga jarak untuk memaksimalkan penjagaan dari tertularnya virus tersebut.

Wajib tunjukkan surat keterangan

Sementara itu, mulai 5-20 Juli 2021, pelanggan Kereta Api jarak jauh wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2x24 jam atau Rapid Test Antigen maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan.

Di samping itu, pelanggan juga diharuskan menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi dosis pertama.


Sedang bagi pelanggan di bawah 18 tahun tidak diharuskan menunjukkan kartu vaksin, dan pelanggan dibawah 5 tahun tidak diharuskan menunjukkan hasil PCR atau Rapid tes Antigen.

Layanan ini merupakan hasil sinergi antara PT KAI Daop 8 dan Pemerintah Kota Surabaya.

"PT KAI Daop 8 mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kolaboratif dari Pemerintah Kota Surabaya," ujar Luqman.

Syarat untuk menggunakan layanan vaksinasi gratis di Stasiun Gubeng:

1. Harus berusia 18 tahun ke atas

2.Menunjukkan kode booking tiket yang sudah dibayar atau tiket KA Jarak Jauh yang berlaku

3. Memiliki KTP (adapun NIK diperlukan untuk pendataan dan sertifikasi vaksin)

4. Datang paling lambat H-1 sebelum jadwal keberangkatan Kereta Api.

5. Khusus bagi ibu hamil bisa mendapatkan vaksin di stasiun setelah mendapat penjelasan dari petugas kesehatan dan bersedia atas pilihannya untuk divaksin Covid-19.

6. Calon penumpang dalam kondisi sehat

Info selengkapnya terkait layanan vaksinasi gratis di stasiun dan syarat perjalanan Kereta Api di masa PPKM Darurat, dapat menghubungi Customer Service Stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, WhatsApp KAI121 di 08111-2111-121, email cs@kai.id, dan media sosial KAI121.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/06/175221478/stasiun-gubeng-sediakan-vaksin-gratis-bagi-calon-penumpang-ini-syaratnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke