Salin Artikel

2 Hari Penyekatan Perbatasan, 208 Kendaraan Menuju Blitar Diminta Putar Balik ke Malang

Kendaraan yang mendapatkan sanksi berbalik arah itu adalah kendaraan yang pengemudinya terbukti tidak memiliki syarat melakukan perjalanan antarwilayah aglomerasi, sebagaimana ditetapkan selama masa PPKM Darurat.

Kasatlantas Polres Blitar AKP I Putu Angga Feriyana mengatakan, tim gabungan yang terdiri TNI, Polri, Dishub dan Dinkes telah efektif menjalankan operasi penyekatan perbatasan selama dua hari di pos pengecekan di Kecamatan Selorejo, wilayah paling timur yang berbatasan dengan Malang.

"Hari pertama PPKM Darurat kegiatan masih kurang efektif. Baru mulai kemarin operasi berlangsung efektif," ujar Angga saat dikonfirmasi Kompas.com melalui saluran pesan, Senin petang (5/7/2021).

Angga mengatakan, pos pengecekan Selorejo melakukan pemantauan pengguna jalan dari arah Kabupaten Malang menuju wilayah Kabupaten Blitar.

Pengguna jalan dari arah sebaliknya, ujar Angga, akan diperiksa petugas gabungan dari Kabupaten Malang di pos pengecekan di Kecamatan Sumberpucung.

Kendaraan paling banyak diputar balik, ujarnya, adalah sepeda motor sebanyak 60 kendaraan, 49 mobil barang dan 44 mobil penumpang.

"Mereka kami minta berbalik arah karena pengendara atau penumpang tidak dapat menunjukkan syarat melakukan perjalanan antarwilayah seperti surat vaksin atau negatif tes antigen atau tes PCR," ujarnya.

Pada hari kedua pemberlakuan PPKM Darurat itu, ujarnya, jumlah kendaraan yang diperiksa sebanyak 282 meliputi sepeda motor, mobil penumpang, mobil barang, dan bus.

Hari ini, Senin (5/7/2021) atau hari ketiga pelaksanaan PPKM Darurat, ujar Angga, petugas gabungan melakukan pemeriksaan terhadap 255 kendaraan dan 55 di antaranya mendapatkan sanksi putar balik arah.

Jumlah tersebut, ujarnya, terdiri dari 30 sepeda motor, 20 mobil penumpang, dan 5 mobil barang.

Tes acak antigen juga dilakukan terhadap 7 orang pengguna jalan dengan hasil semuanya negatif

Angga mengatakan, operasi penyekatan di perbatasan Blitar-Malang akan dilaksanakan setiap hari hingga berakhirnya masa PPKM Darurat tanggal 20 Juli nanti. 

https://regional.kompas.com/read/2021/07/05/204940578/2-hari-penyekatan-perbatasan-208-kendaraan-menuju-blitar-diminta-putar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke