Salin Artikel

Ingin Jadi Donor atau Butuh Plasma Darah Konvalesen di Padang, Ini Nomor Kontak PMI

Pencarian plasma darah konvalesen meningkat.

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Padang, Sumatera Barat, Widyarman mengakui bahwa pihaknya menerima banyak permintaan plasma darah konvalesen untuk pasien Covid-19.

"Betul, tapi bukan hanya permintaan saja, namun juga kami menerima donor yang mau menyumbangkan plasma darahnya," kata Widyarman yang dihubungi Kompas.com, Sabtu (3/7/2021).

Widyarman mengatakan, PMI Pusat menyebarkan nomor kontak perwakilan di setiap daerah yang bisa menangani soal kebutuhan plasma darah.

Bagi warga Kota Padang yang ingin jadi donor atau mencari plasma darah, bisa menghubungi Widyarman dengan nomor kontak 0811664979.

Narahubung lainnya untuk PMI Padang adalah Maya Anggun Suri dengan nomor kontak 08126649808.

Widyarman menyebutkan, untuk permintaan plasma darah, pihaknya bekerja sama dengan rumah sakit yang merawat pasien Covid-19.

Sedangkan untuk orang yang ingin jadi donor, bisa secara perorangan dengan syarat tertentu, misalnya sudah sembuh dari Covid-19.

"Kemudian dicek darahnya untuk melihat kemampuan antibodinya. Kalau sudah memenuhi syarat baru bisa diambil plasmanya," kata Widyarman.

Hanya saja, menurut Widyarman, hingga saat ini pihaknya baru mendapatkan belasan donor, sehingga stok plasma darah yang ada hanya tiga kantong.

"Yang ada sekarang hanya tiga kantong. Kita prioritaskan untuk dalam Sumbar dulu," kata Widyarman.

Widyarman berharap dukungan dari para donor, sehingga stok plasma bisa lebih banyak.

"Kita minta orang yang sudah sembuh dari Covid-19 mau menyumbangkan plasma darahnya agar stok bisa lebih banyak," kata Widyarman.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/03/124049878/ingin-jadi-donor-atau-butuh-plasma-darah-konvalesen-di-padang-ini-nomor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke