Salin Artikel

Foto Viral IGD Penuh Jenazah Pasien Covid-19, Direktur RS: Mereka Datang dalam Kondisi Buruk

KOMPAS.com - Foto kondisi Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soetomo, Surabaya, Jawa Timur, pada Kamis (1/7/2021), viral di media sosial.

Dalam foto tampak sejumlah jenazah yang tubuhnya ditutupi semacam kain.

Direktur RSUD Dr. Soetomo dr. Joni Wahyudi membenarkan tentang foto viral tersebut. Saat itu, terdapat 27 jenazah pasien Covid-19 di IGD.

"Ya betul, progres penyakitnya cepat sekali, datang sudah dalam kondisi desaturasi (buruk). Bahkan ada yang meninggal di ambulans, kemarin aja ada 27 orang yang meninggal," ujarnya, Jumat (2/7/2021).

Sebanyak 27 jenazah itu di antaranya merupakan pasien Covid-19 yang dirawat di IGD hinga ruang isolasi.

"27 orang meninggal itu total dengan yang dirawat di ruang isolasi. Dulu tahun 2020 tidak begitu," ucapnya kepada Kompas.com.

Namun, Joni menegaskan, kondisi seperti itu tidak berlangsung setiap hari.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Kuratif Covid-19 Jawa Timur dr. Makhyan Jibril Alfarabi menuturkan bahwa foto viral penumpukan jenazah di IGD RSUD Dr. Soetomo adalah imbas dari lonjakan kasus Covid-19.

"Memang akhir-akhir ini kasus naik signifikan," ungkapnya, Jumat.

Menumpuknya jenazahnya disebabkan oleh pasien yang terlambat datang ke RS.

Begitu sampai RS, kondisi pasien telah memburuk. Hal itu menyulitkan tenaga medis dalam melakukan penanganan.

"Banyak pasien yang datang ke rumah sakit dengan kondisi saturasi yang sudah jelek, sehingga banyak yang meninggal di IGD," jelasnya.

Maka dari itu, Pemerintah Provinsi Jawa Timur memutuskan untuk memperluas ruang isolasi bagi pasien Covid-19 tanpa gejala hingga gejala ringan.

"Saat ini kami memperluas ruang isolasi, saat ini kita punya Asrama Haji dan BPWS yang bisa menampung pasien positif tanpa gejala atau gejala ringan. Ini adalah upaya yang telah kami lakukan," sambungnya.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Surabaya, Muchlis | Editor: Dheri Agriesta)

https://regional.kompas.com/read/2021/07/03/112712878/foto-viral-igd-penuh-jenazah-pasien-covid-19-direktur-rs-mereka-datang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke