Salin Artikel

Bupati Aceh Utara "Paksa" Pegawai Kantornya Vaksinasi, Tidak Boleh Masuk Gedung Tanpa Sertifikat Vaksin

Sebagian pegawai, divaksin gelombang pertama pada bulan Juni lalu.

“Tadi begitu masuk kantor semua pegawai langsung ditarik ke ruang vaksin. Ditungguin di depan pintu kantor. Pintu pun hanya satu yang dibuka, agar mudah mengontrol pegawai yang masuk,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Aceh Utara Andree Prayuda di lokasi, Kamis.  

Dia menyebutkan, di kompleks kantor bupati itu terdapat empat kantor yaitu Sekretariat Daerah Aceh Utara, Bappeda, Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD), dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Aceh Utara.

“Totalnya 450 pegawai lebih. Itu pegawai negeri, honorer hingga tenaga bakti. Jadi, untuk seluruh pegawai di kompleks ini semua sudah selesai divaksin hari ini,” kata Andre.

Pegawai masuk kantor harus tunjukkan sertifikat vaksin 

Dia menegaskan, sertifikat vaksin itu akan digunakan sebagai kartu masuk kerja untuk seluruh pegawai. Jika tak punya sertifikat itu, maka tak diizinkan masuk ke dalam gedung.

 Lebih jauh, Andree mengharapkan jangan ada lagi masyarakat Aceh Utara yang takut divaksin. Apalagi menerima berita-berita hoaks yang membuat takut dan khawatir terhadap vaksinasi.

“Sesuai dengan fatwa MUI bahwa vaksin itu halal dan aman, dan sesuai dengan intruksi pemerintah bahwa pelaksanaan vaksinasi menyasar seluruh masyarakat Indonesia, bukan hanya kalangan pegawai saja,” ungkapnya.

Vaksinasi itu menggandeng tenaga medis dari Kodim 0103 Aceh Utara. Tampak, seluruh pegawai mengikuti vaksinasi secara sukarela.


"Usai vaksin, tidak ada reaksi apa-apa, mual atau pusing...."

Salah seorang pegawai, Muhammad Reza, mengaku terkejut karena begitu masuk pintu langsung disambut petugas.

“Langsung dibawa ke ruangan vaksinasi di lantai satu. Saya sebelumnya demam, tak bisa vaksin. Maka, sekarang vaksin. Tidak ada reaksi apa-apa, mual atau pusing. Biasa saja,” pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menargetkan satu juta warga divaksin setiap hari di Indonesia. Target itu untuk mencapai vaksinasi maksimal hingga akhir Juli 2021 untuk seluruh rakyat Indonesia. 

https://regional.kompas.com/read/2021/07/02/111036478/bupati-aceh-utara-paksa-pegawai-kantornya-vaksinasi-tidak-boleh-masuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke