Salin Artikel

Kasus Kematian Balita akibat Covid-19 Bermunculan di Kota Tasikmalaya

Dalam sepekan terakhir, tercatat 3 pasien balita yang meninggal.

Salah satunya bayi yang meninggal dalam kandungan ibunya.

Bayi dalam kandungan yang usianya 8 bulan itu dikeluarkan dengan cara operasi.

Setiap rumah sakit di Kota Tasikmalaya akhirnya diwajibkan memiliki ruang isolasi Covid-19 khusus anak dan ibu hamil untuk saat ini.

"Kematian ibu dan anak ini memang jadi perhatian kita semua. Dilaporkan memang ada kematian-kematian itu. Kemarin dilaporkan ke saya untuk kematian balita itu ada 3 anak dan sebelumnya tidak ada. Mudah-mudahan tidak ada penambahan lagi ya," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Uus Supangat kepada wartawan, Senin (28/6/2021).

Uus mengatakan, RSUD Soekardjo langsung menyediakan ruang isolasi khusus ibu dan anak yang terpisah dengan kamar karantina pasien corona lainnya.

Pihaknya telah meminta agar hal serupa dilakukan rumah sakit swasta lainnya di wilayah Kota Tasikmalaya.

"Nah ini yang sekarang jadi fokus perhatian kita. Makanya di RSUD sekarang sudah kita siapkan ruang khusus anak-anak dan ruang khusus ibu hamil. Jadi mulai dipisahkan ya. Rumah sakit yang lainnya juga sama," kata Uus.


Uus mengatakan, risiko kematian balita akibat Covid-19 lebih tinggi apabila terserang varian delta yang dikenal lebih mudah menjangkiti anak-anak.

Meski demikian, Uus enggan belum bisa memastikan apakah kasus kematian balita yang terjadi sebeleumnya akibat varian delta atau bukan.

"Tapi di Kota Tasikmalaya belum melakukan pemeriksaan spesifik soal itu. Jadi kita tidak bisa berspekulasi bahwa di Kota Tasikmalaya sudah ada berbagai macam generasi dari corona. Cuma ada karateristik dari delta ini, kalau anak balita terpapar dikhawatirkan dampaknya cukup berat daripada Covid generasi pertama," kata Uus.

Sesuai data Gugus Tugas Covid-19 hingga saat ini, kasus aktif Covid-19 di Kota Tasikmalaya sebanyak 841 orang.

Padahal, pada bulan sebelumnya, jumlah pasien aktif yang tercatat hanya di angka 150-an orang.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/28/141104378/kasus-kematian-balita-akibat-covid-19-bermunculan-di-kota-tasikmalaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke