Salin Artikel

Panti Asuhan di Padang Jadi Sasaran Preman, Bantuan Habis dan Tak Lapor Polisi

KOMPAS.com - Pengurus Panti Rumah Singgah dan Thafidz Jasmine Nabila Inayah di Ulak Karang Utara, Padang, Sumatera Barat, membeberkan kronologi aksi pemalakan bantuan oleh sejumlah preman.

Dewi Melinda, pimpinan panti asuhan, mengatakan, pemalakan terjadi pada bulan puasa lalu.

Saat ini, menurutnya, kasus itu telah selesai secara damai. Dirinya bahkan terbuka jika keluarga para pelaku membutuhkan bantuan.

"Kalau dia butuh, insya Allah kita bantu. Misalnya, dia kurang mampu tak sanggup biayai anaknya, masukan anaknya ke panti. Nanti kita beri makan karena warga dhuafa di sini kami bantu. Di sini tidak dibatasi anak-anak untuk makan," tutur Dewi.

Mengaku ketua pemuda kampung

Dewi melanjutkan, para preman mengaku ketua pemuda. Bantuan yang diambil pun cukup banyak sehingga membuat anak panti tidak mendapat bantuan.

"Iya benar, itu miskomunikasi saja. Ketika itu ada donatur mengantar bantuan. Saya bilang sebelumnya ada yang ngaku ketua pemuda ke sini, minta bagian. Saya bilang sama donatur bawa aja dulu bantuannya, sebab nanti bantuan ini diminta sama yang ngaku ketua pemuda," tuturnya, seperti dilansir dari TribunPadang, Rabu (23/6/2021).


Seperti diberitakan sebelumnya, aksi para preman itu akhirnya sampai ke aparat kepolisian.

Dari keterangan Kapolsek Padang Utara AKP Nahri Sukra, korban tak membuat laporan dalam kasus itu.

Para pelaku sempat diamankan karena sudah viral dan dibawa ke Mapolsek Padang Utara pada Rabu (23/6/2021).

Namun, kedua pelaku akhirnya dipulangkan karena tak ada laporan ke polisi.

"Korban tidak membuat laporan polisi. Sebelumnya korban meminta untuk tidak diviralkan, tapi terlanjur viral. Jadi korban tidak membuat laporan polisi dan tidak akan menuntut. Barang buktinya cuma delapan botol minuman Fanta," ujar Nahri, Kamis (24/6/2021).

Artikel ini telah tayang di TribunPadang.com dengan judul: Panti Asuhan di Padang Dipalak Preman, Pengelola: Kalau Nggak Dikasih, Tak Jamin Panti Aman

https://regional.kompas.com/read/2021/06/25/164557878/panti-asuhan-di-padang-jadi-sasaran-preman-bantuan-habis-dan-tak-lapor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke