Salin Artikel

Jumlah Pasien Covid-19 Meningkat Drastis, RS Lapangan Ijen Boulevard Malang Penuh

Pasien Covid-19 yang menempati rumah sakit itu sudah mencapai jumlah kapasitas maksimal.

"Sudah penuh sekarang kita, sudah penuh," kata Koordinator RS Lapangan Ijen Boulevard, Heri Susanto melalui sambungan telepon, Jumat (25/6/2021).

Heri mengatakan, tren peningkatan kasus Covid-19 ini sangat cepat.

Pasien Covid-19 yang masuk ke RS Lapangan itu meningkat drastis sejak lima hari yang lalu.

"Grafiknya itu kita mencapai puncak (kapasitas) bukan pada hitungan minggu, tapi hitungan hari sudah. Jadi peningkatan cepat sekali," jelasnya.

Kebanyakan, pasien Covid-19 di RS Lapangan yang ada di kompleks Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang itu merupakan warga Kota Malang.

"Masih dari Kota Malang dan sekitarnya," katanya.

Kapasitas RS Lapangan itu sebanyak 306 orang. Namun, jumlah tempat tidur yang tersedia sebanyak 314. Terdiri dari tempat tidur pasien laki-laki sebanyak 151 dan tempat tidur perempuan sebanyak 163.

Diupayakan tambah kapasitas dan nakes

Melihat tren peningkatan kasus yang terus naik, Heri berencana untuk menambah kapasitas tempat tidur RS Lapangan tersebut.

Meski begitu, penambahan kapasitas harus didukung oleh jumlah tenaga kesehatan yang memadai.

"Kami upayakan sambil kami menyediakan tenaga kesehatan (nakes) kami. Nakes kami juga terbatas. Persiapannya untuk menambah kapasitas tidak semudah itu. Nambah kapasitas kalau Nakesnya juga kurang, bahaya. Kasihan pasien dan nakesnya juga. Tapi kami upayakan," jelasnya.

Saat ini, tenaga kesehatan di RS Lapangan Ijen Boulevard terdiri dari perawat sebanyak 35 orang, dokter sebanyak 19 orang dan tenaga penunjang lainnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/25/142746378/jumlah-pasien-covid-19-meningkat-drastis-rs-lapangan-ijen-boulevard-malang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke