Salin Artikel

Polda Lampung Beri Kuota Khusus Warga "Kampung Begal" Ikut Seleksi Bintara

Kuota khusus ini sebagai kesempatan bagi putra-putri dua kecamatan tersebut yang sering disebut sebagai "kampung begal".

Kepastian pemberian kuota khusus tersebut dituangkan dalam pakta integritas yang ditandatangani Wakapolda Lampung Brigadir Jenderal (Brigjen) Subiyanto pada Kamis (24/6/2021) di Mapolda Lampung.

Subiyanto mengatakan, penetapan kuota khusus bagi putra-putri Kecamatan Jabung dan Labuhan Maringgai dalam penerimaan bintara Polda Lampung ini bisa memberikan efek positif dari stigma negatif yang selama ini beredar di masyarakat.

"Diharapkan dari seleksi ini didapatkan calon-calon anggota Polri yang kompetitif, memiliki keunggulan dan mampu mewujudkan kamtibmas yang kondusif di wilayah Kabupaten Lampung Timur," kata Subiyanto dalam keterangan tertulis, Kamis sore.

Selama ini, dua kecamatan tersebut mendapat stigma negatif sebagai "kampung begal" lantaran seringnya pelaku pencurian dengan kekerasan yang ditangkap berasal dari dua kecamatan tersebut.

Subiyanto menyebutkan, kuota khusus penerimaan bintara dengan penugasan di wilayah hukum Polda Lampung ini adalah bentuk komitmen moral kepolisian.

"Ini salah satu bentuk komitmen moral dan keseriusan Polri dalam membina sumber daya dan menjaga keamanan serta ketertiban di daerah," kata Subiyanto.


Terkait hal ini, Ketua Harian Ikam (paguyuban warga) Jabung, Zainal Abidin mengapresiasi niat baik Polda Lampung itu.

"Jika memang ada kuota khusus kami apreasiasi apalagi Kalo memang tepat sasaran," kata Zainal.

Namun, Zainal menambahkan, hendaknya Polda Lampung juga melibatkan putra daerah dalam pelaksanaan tersebut.

"Kami dari IJS berharap Polda Lampung juga melibatkan pihak-pihak terkait agar lebih tepat sasaran. Jangan sampai niat baik Polda Lampung tidak jatuh ke sasaran yang tepat," kata Zainal.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/25/062445978/polda-lampung-beri-kuota-khusus-warga-kampung-begal-ikut-seleksi-bintara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke